Sistem Budidaya Ikan Mas yang Mampu Genjot Produktivitas

budidaya ikan mas air deras
kelasternak.com

Ikan mas adalah salah satu jenis ikan air tawar yang bernilai ekonomis dan sudah tersebar luas di Indonesia. Permintaan pasarnya pun tak pernah sepi, sehingga budidaya ikan mas pun juga ikut berkembang.

Di Indonesia, ikan mas mulai banyak dipelihara sekitar tahun 1920-an. Hingga saat ini, sudah terdapat sekitar 10 jenis ikan mas yang dapat diidentifikasi berdasarkan karakteristik morfologisnya.

Ciri ciri Ikan Mas

budidaya ikan mas sistem boster
kelasternak.com

Ikan mas memiliki bentuk agak pipih dan memanjang tegak. Mulutnya terletak di ujung tengah serta dapat disembulkan. Pada bagian anterior mulut terdapat dua pasang sungut yang berukuran pendek.

Hampir seluruh tubuh ikan mas ditutupi sisik dan sebagian kecil sisanya tidak ditutupi sisik. Sisik ikan ini berukuran relatif besar dan masuk dalam tipe sisik sikloid dengan warna hijau, merah, biru, kuning keemasan atau kombinasinya.

Klasifikasi Ilmiah Ikan Mas

budidaya ikan mas bioflok
kelasternak.com

Kingdom              : Animalia

Filum                     : Chordata

Kelas                     : Actinopterygii

Ordo                      : Cypriniformes

Famili                    : Cyprinidae

Genus                   : Cyprinus

(Linnaeus, 1758)

Sejarah Perkembangan di Indonesia

budidaya ikan mas air tenang
kelasternak.com

Penyebaran ikan mas di Indonesia pertama terdapat beberapa versi, salah satunya yang berasal dari daratan Eropa dan Tiongkok. Indonesia juga mengimpor ikan mas dari berbagai ras pada sekitar tahun 1974.

Dalam perkembangannya, ikan mas ras sulit dijaga kemurniannya karena telah berbaur dengan ras lain yang sudah ada sebelumnya. Sehingga terjadi persilangan kemudian membentuk ras-ras baru.

Habitat Ikan Mas

budidaya ikan mas keramba apung
kelasternak.com

Ikan mas hidup  di perairan tawar yang airnya tidak terlalu dalam dengan arus tidak terlalu deras, seperti di pinggiran sungai maupun danau. Budidaya ikan mas di sawah juga pernah marak dilakukan karena sesuai dengan kriteria habitat ikan mas.

Ikan mas dapat hidup secara optimal di daerah dengan ketinggian 150–600 meter di atas permukaan laut pada suhu 25-30 °C. Walaupun termasuk ikan air tawar, ikan mas terkadang juga ditemukan di perairan payau atau muara sungai dengan salinitas 25-30%.

Perilaku Ikan Mas

budidaya ikan mas di air payau
kelasternak.com

Ikan mas tergolong jenis hewan omnivora. Hal ini berrarti ikan mas dapat memakan berbagai jenis makanan, baik yang berasal dari tumbuhan maupun hewan.

Namun, makanan utama dari ikan mas sebenarnya adalah tumbuhan atau binatang kecil yang banyak terdapat di dasar serta tepi perairan. Makanan ini adalah jenis makanan yang dapat dijangkau dengan mudah oleh ikan mas.

Perkembangbiakan Ikan Mas

Kelasternak.com

Pemijahan ikan mas bisa terjadi sepanjang tahun dan tidak tergantung musim. Namun, di habitat aslinya, ikan mas lebih sering memijah pada awal musim penghujan, karena ada rangsangan dari aroma tanah kering yang tergenang oleh air.

Pemijahan terjadi pada tengah malam hingga akhir fajar. Menjelang masa pemijahan, induk-induk ikan mas lebih aktif untuk mencari tempat yang rimbun, berupa tanaman air maupun rerumputan yang menutup permukaan air. Substrat ini nantinya akan digunakan sebagai tempat menempel telur.

Telur ikan mas berbentuk bulat, warnanya bening, dengan diameter 1,5-1,8 mm dan berat 0,17-0,20 mg. Ukurannya bervariasi, tergantung dari umur seta bobot induknya. Embrio ikan akan tumbuh di dalam telur yang sudah dibuahi oleh spermatozoa jantan.

Setelah ditelurkan 2-3 hari kemudian, telur-telur tersebut akan menetas kemudian tumbuh menjadi larva. Larva ini memiliki kantong kuning telur yang berukuran cukup besar sebagai cadangan makanannya.

Larva akan berubah menjadi kebul dalam waktu 4-5 hari. Pada fase kebul ini, ikan mas membutuhkan pasokan makanan dari luar guna menunjang kehidupannya. Pakan alami kebul utamanya berasal dari zooplankton. Kebutuhan pakan alami untuk kebul per hari adalah sekitar 60-70% dari bobotnya.

Kebul tumbuh menjadi burayak setelah 2-3 minggu dengan berukuran 1–3 cm dan berat 0,1-0,5 gram. Burayak kemudian tumbuh menjadi putihan  atau benih yang siap untuk disebarkan dengan ukuran 3-5 cm dan berat 0,5-2,5 gram.

Putihan tersebut akan selalu tumbuh hingga tiga bulan dan berubah menjadi gelondongan dengan bobot per ekornya sekitar 100 gram. Gelondongan ini akan tumbuh menjadi induk.

Berat induk ikan mas jantan bisa mencapai 500 gram setelah enam bulan. Sedangkan induk betina ikan mas bisa mencapai berat 1,5 kg setelah berusia 15 bulan.

Sistem Budidaya Ikan Mas di Kolam Air Deras

budidaya ikan mas kolam beton
kelasternak.com

Budidaya ikan mas di kolam beton atau budidaya ikan mas di kolam terpal mungkin sudah menjadi cara paling umumyang digunakan untuk memelihara ikan mas. Sistem kolam air deras muncul sebagai alternatif yang mampu meningkatkan produktivitas ikan mas.

Kolam air deras merupakan kolam tempat perawatan ikan yang airnya mengalir terus menerus dalam debit tertentu. Teknologi pembuatan kolam air deras ini pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 1970-an kemudian diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1980-an.

Di Indonesia, penggunaan media air deras dilakukan dengan cara membuat kolam keramba yang memanfaatkan aliran air sungai. Budidaya ikan mas dengan menggunakan kolam air deras ini termasuk metode yang dianggap paling efektif untuk membudidayakan ikan mas.

Seperti namanya, kolam ini memanfaatkan aliran air dengan debit aliran yang relatif deras untuk mempercepat pertumbuhan ikan mas peliharaan dan menghasilkan jumlah serta mutu panen yang terbaik.

Kelebihan Budidaya Ikan Mas Aliran Air Deras

budidaya ikan mas campur nila
kelasternak.com

Keuntungan budiaya ikan mas dengan sistem ini akan lebih terasa karena aliran air yang deras mampu menyediakan kandungan oksigen terlarut pada tingkat yang jenuh. Selalu tersedianya kandungan oksigen terlarut dalam air, membuat kolam dapat ditebari ikan mas dengan kepadatan yang tinggi.

Aliran air yang deras juga mampu membuang sisa makanan dan kotoran hasil metabolisme dari dalam kolam dengan segera. Kemungkinan terjadinya proses pembusukan yang dapat memperlambat pertumbuhan ikan pun dapat dihindari.

Sistem budidaya kolam air deras termasuk dalam salah satu usaha budidaya ikan yang intensif. Tingkat produksinya relatif tinggi jika dibandingkan dengan sistem budidaya ikan mas yang lain.

Sifatnya yang intensif, membuat setiap kolam yang digunakan untuk membudidayakan ikan tidak boleh terlalu besar. Ukuran luas kolam air deras yang mampu memberikan hasil optimal adalah 50 meter persegi saja.

Walaupun demikian sistem ini juga memilki kekurangan yakni biaya pembangunan kolam air deras yang tidak murah. Hal ini membuat tidak semua petani pembudidaya dapat mengaplikasikannya. 

Sistem ini dapat diterapkan dalam skala usaha yang lebih besar, seperti pada kelompok petani ikan bermodal besar. Satu unit sistem kolam air deras ini terdiri dan beberapa puluh kolam yang masing-masing dapat diisi dengan ikan

Pada pelaksanaannya, pemberian pakan ikan mas supaya cepat besar juga perlu memperhatikan kualitas serta waktunya. Apabila dilaksanakan secara disiplin, ikan mas akan tumbuh sehat dan memberikan hasil yang maksimal.

Penggunaan metode budidaya ikan mas yang lebih modern seperti kolam air deras ini semakin diminati dari waktu ke waktu. Selain karena mampu menghasilkan ikan yang besar namun juga hasil panennya juga berkualitas.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *