Tips dan Cara Budidaya Ikan Koi agar Bernilai Jual Tinggi

cara budidaya ikan koi di kolam terpal
kelasternak.com

Dalam beberapa versi, Koi merujuk pada kata nishikigoi berasal dari bahasa Jepang dan berarti ikan karper yang bersulam emas atau perak. Keindahan tubuhnya membuat budidaya ikan koi semakin menjamur, terutama sebagai ikan hias.

Budidaya ikan koi di Jepang sendiri menjadi perlambang cinta atau persahabatan. Hal ini karena kata koi merupakan homofon dengan kata lain yang bermakna kasih sayang atau cinta. Koi biasanya dipelihara dengan tujuan keindahan serta keberuntungan.

Ciri-ciri Ikan Koi

analisa budidaya ikan koi
kelasternak.com

Terdapat  beberapa ciri pada ikan koi yang juga membedakan antara jantan dan betina Ikan koi jantan cenderung mempunyai bentuk badan yang panjang dan ramping, sedangkan koi betina mempunyai bentuk badan yang cenderung membulat.

Sirip ikan koi betina relatif lebih besar dan memiliki warna yang sedikit, dengan ujung sirip yang bulat. Sementara ikan koi jantan mempunyai sirip yang runcing di bagian tepinya serta memiliki warna yang lebih solid.

Klasifikasi ilmiah Ikan Koi

cara budidaya ikan koi di kolam terpal
kelasternak.com

Kingdom              : Animalia

Filum                     : Chordata          

Kelas                     : Actinopterygii

Ordo                      : Cypriniformes

Famili                    : Cyprinidae

Genus                   : Cyprinus

 (Linnaeus, 1758)

Habitat Ikan Koi

alat budidaya ikan koi
kelasternak.com

Ikank koi konon katanya berasal dari daratan Cina yang kemudian menyebar ke Jepang. Ikan koi merupakan salah satu jenis hewan yang mempunyai rentang usia panjang. Bahkan di Jepang sendiri, usianya bisa mencapai 200 tahun.

Ikan koi hidup di perairan air tawar yang memiliki iklim sedang dengan suhu 8-30 °C. Pertumbuhan ikan koi lebih tergantung pada suhu, air juga ketersediaan makanan. Ikan koi jantan akan mencapai usia dewasa pada umur 2 tahun sementara koi betina pada umur 3 tahun.

Perilaku Ikan Koi

budidaya ikan koi di kolam kecil
kelasternak.com

Ikan koi secara khusus juga dapat dilambangkan sebagai simbol kekayaan, nasib yang baik. Ikan koi juga mudah dipelihara karena memiliki nafsu  makan yan tinggi dan mudah beradaptasi dengan lingkungan.

Ikan koi digambarkan sebagai ikan yang lemah lembut dan jinak. Tidak ada sistem pemimpin dalam sekelompok koi. Pejantan juga tidak kasar atau mengganggu koi betina. Koi juga tidak akan menyiksa ikan lain yang baru saja bergabung.

Ikan koi juga dianggap sebagai perenang ulung yang bisa berenang melawan arus. Cara budidaya ikan koi di aquarium atau kolam yang relatif mudah, membuat penikmat keindahan ikan yang satu ini selalu bertambah.

Jenis Ikan Koi

cara budidaya ikan koi bertelur
kelasternak.com

Ikan koi tersebar dalam berbagai macam jenis. Ada yang lebih nikmat untuk dikonsumsi, ada pula yang indah dan dipelihara sebagai ikan hias. Berikut ini adalah beberapa jenis koi hias yang jika dirawat dengan baik bisa mendatangkan pundi-pundi uang yang nilainya fantastis.

  • Kohaku
budidaya ikan koi bagi pemula
kelasternak.com

Koi Koahaku memiliki warna dasar putih dengan corak merah besar pada bagian atasnya. Jenis ikan Kohaku dibagi lagi berdasar bentuk corak yang pada punggungnya. Kohaku maruten memiliki dasar putih serta corak bulat di kepala dan punggung.

Kohaku nidan memiliki dua corak di sepanjang punggungnya. Mirip dengan Kohaku inazuma yang  memiliki satu corak saja dengan bercak yang menyerupai petir.

Di pasaran, harga Kohaku berkisar antara Rp 300 ribu hingga Rp 1 juta. Namun jenis ikan ini juga pernah terjual seharga Rp 1 milyar dalam sebuah ajang lelang ikan koi.

  • Sanke
budidaya ikan koi kolam beton
kelasternak.com

Koi Sanke dikatakan bagus apabila ikan ini memiliki pola warna yang seperti Kohaku, namun dengan warna pelengkap yakni warna hitam.

Sekilas, Sanke memang tampak mirip dengan kohaku. Perbedaan keduanya terletak pada pola warna merah yang ada di punggung. Sanke biasanya dikombinasi dengan warna hitam.

Di pasaran, ini bernilai antara Rp 300 ribu hingga Rp 1,5 juta. Tetapi pernah mencapai titik tertingginya disebuah ajang pelelangan seharga Rp 100 juta.

  • Showa
cara budidaya ikan koi bagi pemula agar cepat besar
kelasternak.com

Showa merupakan jenis ikan koi hias terbaik di antara koi lainnya. Dari komposisi warna ikan ini tampak mirip dengan Sanke. Perbedaannya terletak pada warna polanya yang berkebalikan dari Sanke, yakni corak Showa memiliki warna putih dan merah yang menutup warna dasar hitam.

Warna hitam pada Showa juga dapat menutupi kepalanya. Beberapa jenis showa yang dinilai berkualitas tinggi, memiliki corak yang tampak seperti tanda petir. Bahkan, ada pula yang terlihat seperti bentuk bunga.

Langkah Mudah Budidaya Ikan Koi

cara budidaya ikan koi di kolam beton
kelasternak.com

Koi sebenarnya tidaklah harus dipelihara di kolam beton, budidaya ikan koi di kolam terpal pun juga bisa dilakukan. Begitu juga dengan cara budidaya ikan koi di kolam tanah yang tak kalah mudahnya.

Hal yang harus dipahami adalah bahwa koi merupakan jenis ikan hias yang keindahan utamanya terletak pada bagian punggungnya. Bagian tersebut bisa dilihat atau diamati jika dilihat dari posisi atas ikan koi itu sendiri.

Persiapan Kolam

cara budidaya ikan koi di kolam tanah
kelasternak.com

Buat kolam dengan dengan kedalaman 80 cm. Kemudian isi air hingga mencapai ketinggian 50 cm. Diamkan kolam sampai tiga hari. Pasangkan alat penyaring atau filter guna menjamin sirkulasi air sehingga kebersihannya selalu terjaga.

Penebaran Benih

budidaya ikan koi di aquarium
kelasternak.com

Setelah kolam siap, saatnya untuk menebar benih ikan koi. Benih-benih ini diberi pakan secukupnya setiap tiga kali sehari dengan jadwal tetap dan disiplin

Perawatan

budidaya ikan hias koi di kolam tanah
kelasternak.com

Perawatan dilakukan dengan cara menjaga kebersihan kolam, terutama apabila lokasinya di ruangan terbuka. Pastikan juga kolam terbebas dari sampah atau guguran daun. Filer juga harus berfungsi dengan baik guna menjaga kualitas air.

Penjualan

estimasi budidaya ikan koi
kelasternak.com

Budidaya ikan koi sukses terwujud ketika koi telah memiliki nilai ekonomis atau berusia dua bulan dengan rata-rata ukurannya sekitar sebesar jempol orang dewasa. Harganya masih tergolong murah sebesar Rp 8.000/ekor tergantung kualitasnya.

Cara membuat ikan koi bertelur memerlukan waktu yang lebih lama lagi. Selain itu juga diperlukan teknik dan cara khusus dalam proses pemijahan hingga perawatan bayi ikan koi agar dapat bertahan hidup.

Umumnya, ikan koi dibagi menjadi tiga grade yakni kualitas A yang paling bagus, kualitas B yang sedang, dan C yang di bawah rata-rata. Diikuti dengan tingkatan harga yang sesuai dengan grade. Corak dan warna di tubuh ikan koi juga turut mempengaruhi harga jualnya.

Lingkungan Hidup yang Baik untuk Koi

cara budidaya ikan koi tanpa filter
kelasternak.com

Ketika memelihara koi, hal paling penting yang perlu diperhatikan adalah kualitas lingkungan hidupnya. Dalam menciptakan lingkungan tempat hidup koi, usahakan untuk membuat lingkungan yang menyerupai habitat aslinya.

Menambah tanaman air yang juga mampu memperkaya kandungan oksigen terlarut juga menjadi nilai tambah. Kebersihan kolam, sekali lagi menjadi hal yang tak boleh diitinggalkan.

Pentingnya Sistem Filtirasi

budidaya ikan koi secara alami
kelasternak.com

Sistem filrasi diperlukan guna menjaga habitat koi agar tetap sehat serta layak huni. Seperti makhluk hidup lainnya,  ikan koi juga menghasilkan kotoran yang dapat merusak kualitas air sebagai tempat hidup koi sendiri.

Feses yang menumpuk dapat membentuk gas ammonia yang beracun dalam air. Sehingga sistem fitrasi yang baik merupakan gabungan dari filter fisika, kimia serta biologi.

Filter fisika untuk menyaring kotoran-kotoran yang kasat mata. Filter kimia menyaring bahan-bahan kimia yang bersifat merusak atau menurunkan kualitas air. Sementara filter biologi berkaitan dengan proses-proses biologis yang ada di dalam kolam.

Apabila semua hal telah terpenuhi kualitasnya, mulai dari kolam, pakan, hingga filter, maka budidaya ikan koi berpotensi menghasilkan bibit-bibit ikan yang bernilai tinggi dan diminati di pasaran.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *