6 Tips dan Cara Budidaya Ikan Lele Anti Rugi

  • 5 min read
  • Mar 21, 2022
habitat ikan lele

Salah satu jenis ikan yang paling banyak dikonsumsi adalah lele. Potensinya yang cukup menjanjikan membuat banyak orang mencoba menernakkan ikan lele. Namun tak sedikit pula yang gagal dan merugi karena tak memahami cara budidaya ikan lele yang benar.

Ikan lele bisa ditemukan dengan mudah dan banyak dijual di pasar-pasar tradisional hingga supermarket. Ikan air tawar yang satu ini memiliki rasa gurih yang khas. Harganya yang relatif murah membuat penikmatnya terus bertambah seiring waktu.

Ciri-ciri Ikan Lele

ciri ciri ikan lele
kelasternak.com

Ikan lele memiliki tubuh yang licin berbentuk memanjang tanpa sisik. Dilengkapi dengan sirip punggung dan sirip anus yang panjang. Kepalanya keras pada bagian atas, dilengkapi dengan sepasang mata kecil dan mulut di ujung moncong.

Ikan lele juga memiliki empat pasang sungut peraba yang berfungsi sebagai detektor ketika berada di air yang keruh. Dilengkapi dengan alat pernapasan tambahan berupa modifikasi busur insang.

Sepasang patil yang merupakan duri tulang yang tajam berguna sebagai alat pertahanan diri dari pemangsa dan terletak di bagian sirip-sirip dada. Patil ini kenal sangat tajam sehingga perlu menjadi perhatian dalam hal cara budidaya ikan lele agar tidak terluka.

Klasifikasi Ikan Lele

klasifikasi ikan lele
kelasternak.com

Klasifikasi ilmiah ikan lele adalah sebagai berikut:

Kingdom          : Animalia

Filum               : Chordata

Kelas                : Actinopterygii

Ordo                : Siluriformes

Famili              : Clariidae

Genus              : Clarias

(Scopoli, 1777)

Habitat Ikan Lele

habitat ikan lele
kelasternak.com

Di alam, ikan lele biasanya hidup di sungai dengan arus yang pelan, rawa, telaga, waduk, atau sawah. Ikan lele juga bisa bertahan hidup pada air yang tercemar dan keruh, seperti di selokan hingga kolam pembuangan.

Perilaku Ikan Lele

perilaku ikan lele
kelasternak.com

Ikan lele memiliki sifat nokturnal, yang berarti aktif bergerak untuk mencari makanan di malam hari. Sedangkan siang harinya, ikan lele lebih banyak berdiam diri dan berlindung di tempat-tempat yang gelap.

Di habitat aslinya, ikan lele akan memijah pada musim penghujan. Dengan cara bidaya ikan lele yang benar, beberapa jenis lele bahkan bisa tumbuh hingga mencapai panjang 1-1,5 m dengan berat bisa mencapai lebih dari 2 kg.

Manfaat Ikan Lele untuk Kesehatan

manfaat ikan lele
kelasternak.com

Ikan lele mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Dalam satu porsinya, ikan lele mengandung 15,6 gram protein, 6,1 gram lemak dan 122 kalori. Tingginya kandungan protein pada ikan lele dapat memenuhi kebutuhan asam amino dalam tubuh.

Terdapat kandungan vitamin B-12 yang mampu memenuhi 40% dari total kebutuhan harian. Vitamin B-12 berguna untuk membantu memecah zat makanan menjadi energi.

Lele juga mengandung asam lemak omega-6 sebanyak 875 mg dan dan asam lemak omega-3 sekitar 220 mg. Asam lemak ini penting untuk menjaga kesehatan fungsi jantung.

Beragam manfaat yang terkandung dalam ikan ini tentu dapat memberikan manfaat yang maksimal ketika dipelihara dengan cara budidaya ikan lele yang benar. Kualitas nutrisinya pun dapat terjaga, tidak berkurang, atau bahkan terkontaminasi zat-zat berbahaya.

Kelebihan Budidaya Ikan Lele

keunggulan budidaya ikan lele
kelasternak.com

Budidaya ikan lele juga memberikan banyak keuntungan dan bisa dijadikan sebagai salah satu usaha yang menjanjikan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan ikan lele dibanding dengan jenis ikan lainnya untuk dibudidayakan:

1.      Mudah Beradaptasi

Ikan lele bisa hidup di mana saja selain di air asin. Ikan ini bisa hidup di kolam yang dilapisi semen, dengan terpal, atau sekedar tanah sekalipun. Lele mampu berkembang biak dalam waktu yang cepat dengan cara budidaya ikan lele yang benar serta pemeliharaan rutin.

2.      Kekebalan Tubuh yang Baik

Daya tahan tubuh ikan lele sangat kuat sehingga jarang terserang berbagai penyakit. Lele memiliki alat pelindung berupa lendir yang menempel di tubuh lele. Karena memiliki kekebalan tubuh yang baik, kematiannya pun dapat ditekan.

3.      Benih Mudah Diperoleh dan Murah

Karena termasuk jenis ikan yang popular benih ikan lele berkualitas bisa dengan mudah didapatkan. Harganya pun relatif murah, sehingga tidak akan membebani modal awal budidayanya.

Tips dan Cara Budidaya Ikan Lele yang Benar

budida ikan lele
kelasternak.com

Saat ini, budidaya ikan lele menjadi salah satu prospek bisnis yang bayak dilirik. Bukan hal yang megherankan, melihat keuntungan yang bisa didapat dari hasil budidaya ikan air tawar ini cukup menjanjikan.

Terdapat beberapa langkah yang perlu diperhatikan ketika sedang membudidayakan ikan lele agar bisa diperoleh hasil maksimal. Langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut.

1.       Pembuatan Kolam

pembuatan kolam ikan lele
kelasternak.com

Jauhkan kolam dari area pabrik guna mencegah adanya kontaminasi dari limbah dan polusi. Idealnya, kolam harus berada dalam rentang suhu 20°C hingga 28°C. dengan air yang tenang dan tak perlu terlalu bersih, biarkan mengeruh secara alami karena lumur atau alga.

Kolam lele diisi air yang cukup. Air yang dangkal dapat menyebabkan ikan lele kepanasan dan memicu kematian. Bisa juga menambahkan tanaman apung seperti eceng gondok atau talas guna menyerap racun dan polusi di air kolam serta memberi keteduhan.

2.       Memilih Indukan Berkualitas

pemilihan induk ikan lele
kelasternak.com

Lele pejantan yang berkualitas memiliki ciri-ciri perut yang ramping, tulang kepalanya pipih, memiliki warna lebih gelap, geraknya lincah, dengan alat kelamin yang berbentuk runcing.

Sedangkan indukan betina yang berkualitas memiliki ciri-ciri perut yang lebih besar daripada punggung, kepalanya cembung, bergerak dengan lambat, serta kelaminnya berbentuk bulat.

3.      Mengawinkan Lele

pemijahan ikan lele
kelasternak.com

Salah satu ciri ikan lele yang siap kawin bisa dilihat dari warna kelamin pejantan yang berwarna merah dan kelamin betina yang berwarna kuning. Apabila sel telur sudah dibuahi dan benih ikan lele telah menetas, pisahkan benih-benih tersebut ke kolam terpisah.

4.      Pengembangbiakan Ikan Lele

pengembangbiakan ikan lele
kelasternak.com

Pertama-tama, siapkan ember yang berisi air kolam untuk menampung benih lele. Hal ini untuk mencegah benih lele mengalami stress bahkan mati apabila dipindah ke kolam baru secara langsung.

Bersihkan terlebih dahulu kolam yang akan digunakan. Lalu ember berisi benih teresebut diletakkan di dalam kolam pada malam atau pagi hari. Tunggu hingga 24 jam agar benih-benih ikan lele bisa beradaptasi dengan sendirinya dengan kolam yang baru.

5.      Pemeliharaan Lele

pemeliharaan ikan lele
kelasternak.com

Jaga agar lingkungan kolam tetap bersih. Berikan pakan yang sehat dan berkualitas untuk ikan lele. Pakan ini bisa berupa sentrat karena kandungannya yang baik dan sangat dibutuhkan lele.

Pemberian pakan ini bisa dilakukan sebanyak 3 kali sehari antara pukul 7 pagi, 5 sore, dan 10 malam. Jangan terlalu sering memberikan pakan karena dapat menimbulkan berbagai penyakit akibat endapan pakan yang ada di dasar kolam.

6.      Pemisahan Lele Siap Panen

pemisahan ikan lele
kelasternak.com

Lele siap panen memiliki biasanya berukuran sekitar 5-7 cm atau 9-12cm, karena ukuran ini paling banyak dicari di pasaran. Setelah dipanen, bersihkan kolam sampai tidak ada lele dewasa yang tersisa untuk nantinya dihuni benih-benih ikan lele yang baru.

Hambatan dalam Budidaya Ikan Lele

Hambatan dan rintangan dalam budidaya ikan lele
kelasternak.com

Beragam keuntungan beternak lele hanya bisa didapatkan dengan cara budidaya ikan lele yang benar disertai usaha tekun dan serius dalam perawatan dan pememeliharaannya.

Dalam pembudidayaan ikan lele tentu juga memiliki beberapa kendala atau hambatan yang perlu diatasi supaya tidak mengurangi hasil dan kualitas ikan.

Pakan adalah unsur yang paling banyak memakan biaya hingga sekitar 60-70% dari total keseluruhan. Terlebih jika harganya mengalami kenaikan secara terus-menerus. Hal ini bisa diatasi dengan mengobinasikannya dengan pakan alami seperti daun kangkung atau pepaya.

Atasi Hama dan Penyakit

Cara mengatasi hama dan penyakit ikan lele
kelasternak.com

Hama-hama yang mungkin dapat memasuki habitat ikan lele adalah katak, serangga, lintah, hingga cacing. Mikroba seperti virus, bakteri dan jamur juga bisa menjadi parasit yang merugikan dan mengancam bagi ikan lele.

Selalu memperhatikan kebersihan air serta lingkungan kolam menjadi salah satu cara untuk mencegah munculnya hama dan penyakit. Obati sesuai dengan jenis-jenis penyakit apabila ditemukan. Vitamin juga dapat diberikan melalui makanan. 

Dengan cara budidaya ikan lele yang tepat, kerugian dapat ditekan, hasil olahan ikan lele menjadi semakin berkualitas serta memberikan keuntungan yang menjanjikan pula.