Cara ternak Sapi Di Indonesia yang Menguntungkan

ternak sapi limosin
kelasternak.com

Peluang usaha peternakan sapi di Indonesia merupakan peluang yang menarik kerena ketersediaan bibit, pakan serta penjualan yang masih terbuka lebar menjadikan peternakan sapi ini menjadi hal yang menarik untuk diterapkan.

Kebutuhan akan daging dan susu sapi menjadi proritas utama di kalangan masyarakat. Kesadaran untuk konsumsi daging sapi mulai meningkat. Akses kemudahan mendapatkan meminum susu sapi pula sudah banyak berkembang.

Anda dapat memulai peluang usaha peternakan sapi dari sekarang dapat menjadi investor ataupun pengelolah di usaha pembibitan sapi, peluang usaha penggemukan sapi maupun peluang usaha peternakan sapi perah semua mempunyai keuntungan.

Mengenal Jenis Sapi untuk Usaha Peternakan Sapi

ternak sapi lokal indonesia
kelasternak.com

Sebelum anda masuk lebih dalam ke segmen tatalaksana pemeliharaan. Mari anda pahami jenis-jenis sapi yang cocok untuk peluang bisnis peternakan sapi.

  • Sapi Ongole
cara ternak sapi ongole
kelasternak.com

Sapi dengan corak kulit berwarna putih, bergelambir serta berpunuk. Memiliki adaptasi yang cukup baik di lingkungan serta badan tinggi besar.

Namun, untuk sapi jenis ini beberapa telah disilangkan menjadi sapi Peranakan Ongole, cocok untuk peluang usaha peternakan sapi di pembibitan.

  • Sapi bali
cara ternak sapi bali
kelasternak.com

Jenis sapi lokal khas Bali yang memiliki kuantitas daging lebih banyak walaupun badannya kecil. Ciri khasnya berwarna merah, warna putih pada pantat dan kaki. Sapi ini cocok di peluang usaha peternakan sapi pedaging karena bobot dagingnya yang tinggi.

  • Sapi Limosin
cara ternak sapi limosin
kelasternak.com

Sapi limosin memiliki bobot diatas 400 Kg dan menjadikan salah satu jenis peluang usaha ternak pada sapi limosin yang menguntungkan karena bobot badan tinggi.

Memiliki ciri khas dengan warna merah bata, adapula yang memiliki warna hitam serta ada berwarna putih di bagian moncong kepala.

  • Sapi Simental
cara ternak sapi simental
kelasternak.com

Ciri khas dari sapi ini adalah warnanya coklat keemasan dan memiliki bobot tinggi. Bagian muka memiliki warna putih serta ujung lutut berwarna putih. Cocok pada peluang usaha ternak sapi potong.

  • Sapi Fresien Holstein 
cara ternak Sapi Friesian Holstein
kelasternak.com

Salah satu jenis sapi perah yang berasal dari Belanda. Sapi ini di Indonesia sudah ada persilangannya yaitu Peranakan Fresien Hostein yang sudah ada pada peternakan rakyat.

Susu yang dihasilkan untuk per harinya yaitu 10 Liter per hari. Sapi ini cocok pada peluang usaha ternak sapi perah.

Tata Laksana Pemeliharaan

ternak sapi betina sukses
kelasternak.com

Peluang usaha peternakan sapi perlu melihat tata laksana pemeliharaan yang cukup teliti karena adanya hal-hal yang tidak diinginkan akan berdampak buruk bagi keberjalanan usaha ini. Pekembangan usaha peternakan sapi modern sudah mulai diterapkan untuk mengantisipasi kerugian.

Memilih Bakalan

ternak sapi metal super
kelasternak.com

Memilih bakalan ternak sapi anda dapat menemukan di daerah sekitar peternakan sapi yang ada di sekitar tempat tinggal anda. Pilihlah peternakan sapi yang sudah memiliki sertifikat dari dinas kesehatan hewan ataupun sesuai kepercayan masyarakat.

Untuk peluang usaha peternakan sapi di penggemukan anda dapat memilih bakalan dengan ciri khas yaitu umur sekitar 2,5 tahun lebih, berkelamin jantan, pandangan mata cerah, tubuh bebentuk panjang, lebar dan bulat.

Kandang Ternak Sapi

ternak sapi cepat gemuk
kelasternak.com

Perkandangan sangat perlu diperhatikan karena akan membantu dalam proses pemiliharaan yang ringan dan menghemat waktu pengeluaran tenaga untuk menghasilkan hasil optimal pada peluang usaha peternakan sapi ini.

Kandang pada sapi dapat dibagi dalam dua jenis yaitu kandang dengan sistem individu dan kandang dengan sistem kelompok. Untuk yang hasil lebih optimal yaitu kandang individu karena kebutuhan pakan tidak tersaingi oleh sapi lain.

Kandang sapi dengan sistem individu memiliki ruang berukuran 2,5 x 1,6 m dengan kondisi memicu pertumbuhan sapi menjadi lebih pesat karena mempunyai ruang gerak yang terbatas.

Lingkungan kandang juga perlu dilihat dari ketersedian air, suasana serta kenyamanan kandang. Keadaan tersebut untuk memberikan rasa aman dan nyaman.

Pakan

cara ternak sapi cepat gemuk
kelasternak.com

Pakan adalah suatu hal uang penting dalam peluang usaha peternakan sapi, konsumsi pakan dilihat dari bobot sapinya untuk penggemukan sapi pakan berupa konsentrat dan hijauan.

Kebutuhan konsumsi pakan sapi ditinjau dalam berat kering per setiap ekor adalah 2,5 % atau 3 % dari bobot badannya. Pada kondisi fisiologis pencernaannya, sapi termasuk dalam hewan ruminansia yaitu hewan dengan melakukan pencernaan di dalam rumen.

Pakan pada sapi yaitu konsentrat dapat diberikan berupa ampas tebu, ampas tahu, kulit nenas dan bekatul maupun pabrik pakan ternak. Untuk pertama yang diberikan dahulu adalah konsentrat karena sebagai makanan bagi mikroba di dalam rumen.

Pakan hijauan yaitu berupa rumput gajah, rumput raja, jerami padi, daun jagung dan dari jenis setaria yang memiki kandunagn gizi tinggi yang sesuai dengan kebutuhan sapi.

Pemilihan kualitas pakan dilihat dari kandungan nutrisi dan serat kasarnya. Serat kasar tinggi pada pakan hijauan akan sulit dicerna bagi enzim pencernaan karena ada lignin.

Pertumbuhan sapi dapat diberi POC NASA kerana terdapat mineral yang baik bagi pertumbuhan sapi. Pertambahan berat sapi akan meningkat dan menjaga kesehatan sapi serta meminimalisir bau kotoran.

Manajemen Pengendalian Penyakit dan kesehatan

ternak sapi australia
kelasternak.com

Pengendalaian penyakit sangat diperhatikan pada peternakan sapi ini sebab kematian akan menjadi kerugian yang besar oleh sebab itu, kebersihan kandang serta sanitasi kandang perlu diperhatikan dengan baik.

Penyakit yang menyerang pada peternakan sapi adalah penyakit cacingan untuk pengobatannya dapat dilakukan dengan memeberi kalbazen-C dengan dosis 10 cc dan diberi sebulan sekali.

Untuk sapi yang kurang nafsu makan, ini dapat diberikan vitamin B-komplek dengan dosis 10-20 cc. Pemberian B–komplek caranya dengan injeksi intramuskuler di bagian punggung sapi.

Penanganan limbah

ternak sapi anakan
kelasternak.com

Limbah pada peternakan sapi dapat berasal dari kotoran sapi dan limbah dari sisa pakan yang tidak termakan oleh sapi. Adapun limbah cairan yaitu dari hasil urine sapi. Ini menjadi hal yang perlu dipahami supaya dapat digunakan kembali.

Penanganan limbah cairan seperti urine dapat dilakukan dengan pengaliran langsung menuju ke penampuangan biogas ataupun dapat ke tempat penampungan urine dengan proses penyaringan lalu di ssekitar persawangan di lingkungan kandang.

Penanganan limbah padat seperti feses sapi dan sisa pakan sapi dapat digunakan untuk pupuk kandang. Ini dapat menjadikan peluang untuk dijual kembali serta meminimalisir bau dari kandang.

Pemasaran

ternak sapi bali
kelasternak.com

Pemasaran sangat penting untuk anda sebagai pelaku usaha peternakan sapi. Pemasaran adalah merencanakan konsep, harga, promosi serta ide untuk menghadirkan pertukaran maupun transaksi pada bisnis peternakan sapi ini.

Pemasaran dilakukan dengan mendatangkan pedagang sapi dengan membeli sesuai tafsiran harga (Jogrokan) atau antara kesepakatan bersama dan tidak rugi.

Anda dapat pula menjualnya ke pasar hewan di sekita tempat tinggal anda maupun dapat menjualnya di Rumah Pemotongan Hewan (RPA) .

Permintaan yang paling tinggi adalah ketika lebaran haji atau hari raya idul adha ini permintaannya akan lebih tinggi daripada hari-hari biasanya, sehingga perlu adanya manjamen stok yang teratur.

Baiklah, Kita sudah belajar sedikit terkait peluang usaha peternakan sapi. Anda dapat langsung memulainya tetapi ingat buatlah rencana terlebih dahulu untuk memudahkan prosesnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *