Cara Budidaya Cacing Tanah Panen Berlimpah dan Anti Rugi

3 min read

budidaya cacing tanah di pekanbaru budidaya cacing tanah di lahan sempit budidaya cacing tanah di klaten ebook budidaya cacing tanah

Cacing tanah memiliki banyak manfaat seperti untuk pakan ternak hingga digunakan sebagai bahan obat bagi manusia. Tingginya permintaan pasar, dengan harga ternak cacing tanah yang cukup fantastis dan menggiurkan membuat budidaya cacing tanah terus diminati.

Cacing tanah yang memiliki kandungan protein tinggi dapat menjadi sumber pakan berkualitas bagi ternak. Seperti ikan, unggas hingga burung. Jenis cacing yang banyak dibudidayakan adalah Lumbricus rubellus dengan ciri khas warna tubuh merah dan cepat berkembangbiak.

Persiapan Media dan Tempat Budidaya Cacing

cara budidaya cacing tanah dan pemasarannya cara budidaya cacing tanah pdf cara budidaya cacing tanah untuk pakan lele cara budidaya cacing tanah merah
Image: kelasternak.com

Hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah media budidaya cacing tanah. Dalam budidaya cacing juga perlu tempat layaknya budidaya hewan lainnya. Hanya saja kandang yang digunakan untuk budidaya cacing ini sangatlah sederhana dan tidak perlu tutup.

Kandang pemeliharaan cacing tanah ini berbentuk kotak yang kemdian diisi dengan media berupa tanah. Pembuatan tempat pemelihraan ini  cukup mudah. Hanya perlu membuat kotak dari kayu berukuran 90x50x30 cm. Jumlahnya bisa disesuaikan dengan luas lahan tempat pemeliharaan.

Bisa juga disusun bertingkat seperti rak untuk menghemat tempat dan membuatnya lebih efisien. Media tanah yang diisikan ke dalam kotak merupakan tanah yang kaya akan humus, misalnya campuran pupuk kompos atau pupuk kandang.

Isi kotak cacing dengan tanah hingga mencapai ketinggian 5-10 cm dari batas atas kotak. Letakkan kotak-kotak tersebut di tempat teduh dan tidak terpapar cahaya matahari langsung. Kemudian basahi media dengan sedikit air.

Persiapan Bibit Cacing

budidaya cacing tanah untuk pakan ikan budidaya cacing tanah jogja budidaya cacing tanah jakarta jurnal budidaya cacing tanah
Image: kelasternak.com

Untuk pemeliharaan dalam skala kecil yang kurang dari 10 kotak, bibit cacing bisa langsung dicari ditanah yang lembab dimana banyak kotoran organik disekitarnya. Untuk ukuran 10 kotak bibit yang dibutuhkan berkisar antara 500 – 1000 cacing berbagai ukuran.

Supaya bibit cacing bisa menjadi lebih banyak, cara persiapan bibit dalam budidaya cacing tanah berikut bisa diterapkan:

  • Siapkan sebuah kotak khusus untuk pembiakan bibit cacing tanah
  • Isi kotak dengan bibit cacing yang diperoleh di alam bebas
  • Tunggu sampai dua bulan sambil terus diberi makan berupa pupuk kompos atau daun-daunan, dan sayuran sisa.
  • Setelah dua bulan, cacing sudah berkembang biak dan menjadi lebih banyak
  • Cacing-caning ini bisa dipindahkan ke media-media budidaya yang sudah disiapkan sebelumnya.

Langkah tersebut cukup efisien untuk budidaya cacing tanah dalam skala kecil. Apabila ingin membudidayakan cacing tanah dalam skala yang lebih besar, diatas 100 kotak, maka membeli bibit pada peternak lainnya akan lebih menghemat waktu.

Cacing tanah termasuk hewan hermaprodit yang berarti dapat mengubah jenis kelaminnya sesuai lingkungan, tetapi tetap tidak bisa membuahi dirinya sendiri dan harus dengan cara perkawinan

Cacing tanah juga cepat berkembang biak. Dalam satu tahun, 100 ekor cacing bisa menjadi 100.000 ekor cacing. Cacing yang kawin akan menghasilkan kokon atau telur dan akan menetas dalam 2 minggu. Biasanya dalam sekali bertelur, cacing bisa mengeluarkan hingga 20 kokon.

Pemindahan Bibit Cacing

alat dan bahan budidaya cacing tanah cara budidaya cacing tanah bagi pemula budidaya cacing tanah di bali budidaya cacing tanah di bandung
Image: kelasternak.com

Cara memindahkan bibit cacing ke media di dalam kotak budidaya langkahnya sebagai berikut:

  • Basahi tanah dalam media  di dalam kotak budidaya dengan air terlebih dahulu
  • Cek pH dan pastikan nilainya normal antara 5,5 – 7,5
  • Masukkan 50-100 ekor cacing di setiap kotak
  • Pada hari pertama, pemeriksa secara berkala setiap 3 jam sekali, apakah ada cacing tanah yang keluar dari kotak atau tidak. Cacing biasanya akan keluar jika merasa tidak nyaman dengan tempat barunya. Bisa karena kadar pH yang tidak tepat atau bisa juga karena suhu yang terlalu panas maupun terlalu dingin.
  • Jauhkan kotak dari paparan cahaya matahari secara langsung, karena cacing ini sangat sensitif terhadap cahaya. Jika sudah tidak ada cacing yang keluar dari kotak, maka artinya mereka sudah merasa nyaman.

Pemberian Pakan Cacing

indagro budidaya cacing tanah bogor jawa barat cara budidaya cacing tanah yang baik dan benar cara budidaya cacing tanah yang benar buku budidaya cacing tanah
Image: kelasternak.com

Budidaya cacing tanah untuk pakan lele atau hewan ternak lain perlu diperhatikan juga pemberian makanannya. Cacing tanah menyukai bahan-bahan organik seperti kompos, pupuk kandang, atau dedaunan kering

Pakan yang paling baik adalah kotoran sapi atau kerbau dengan cara pemberiannya dalam bentuk halus atau gembur. Pakan yang halus akan membantu pencernaan cacing Ada yang perlu diperhatikan yakni sebaiknya pakan yang diberikan sudah dalam keadaan

Penggantian Media Tanah

cara budidaya cacing tanah dari awal sampai panen analisa budidaya cacing tanah apakah manfaat budidaya cacing tanah analisis usaha budidaya cacing tanah
Image: kelasternak.com

Apabila perkembangbiakan cacing tanah yang dibudidaya sangat pesat, maka media tanah yang sudah berisi terlalu banyak cacing serta kokon harus diganti dengan media baru.

Penggantian media biasa dilakukan setiap 1 sampai 2 bulan sekali. Caranya cacing dikeluarkan terlebih dulu dari media tanah kemuian pindahkan ke media yang baru. Tanah kascing atau kascing ini didiamkan dulu agar kokon menetas dan menghasilkan cacing-cacing baru.

Pembuatan Sarang Bertelur

budidaya cacing tanah anc budidaya cacing tanah alami manfaat budidaya cacing tanah adalah sebagai berikut kecuali budidaya cacing tanah untuk pakan ayam
Image: kelasternak.com

Supaya kokon atau telur cacing mudah untuk dikumpulkan, perlu dibuat sebuah media yangml akan menjadi lokasi favorit cacing ketika akan bertelur. Caranya dengan membuat campuran yang terdiri dari pupuk kandang, kompos kering, kertas dan juga jerami.

Campuran ini tidak perlu dicacah terlalu halus, kemudian tanam membentuk gundukan pada media tanah. Cacing yang ingin bertelur biasanya akan menuju tempat tersebut untuk meletakkan telurnya-telurnya.

Dengan adanya lokasi ini, akan lebih memudahkan ketika mengumpulkan kokon dari kotak budidaya ketika akan melakukan penggantian media tanah.

Penanggulangan Hama

budidaya cacing tanah dan pemasarannya budidaya cacing tanah di malang budidaya cacing tanah di medan budidaya cacing tanah dalam ember
Image: kelasternak.com

Sama seperti budidaya hewan lainnya, resiko ternak cacing tanah juga selalu ada. Salah satunya adalah munculnya hama pengganggu. Gangguan hama ini sangat berpengaruh terhadap keberhasilan dan kemaksimalan hasil panen cacing tanah.

Beberapa hama yang mengganggu dan menyerang cacing tanah diantaranya adalah semut, kumbang, lipan, tikus, kadal, kutu, hingga lintah. Jenis hama yang paling sering muncul adalah semut. Semut-semut tersebut berusaha untuk memangsa cacing.

Cara untuk mengendalikan hama-hama yabg bisa kuncul adalah dengan menempatkan media kotak pada rak susun. Kemudian pada setiap kaki-kaki rak diberi kapur anti serangga.

Panen Cacing Tanah

belajar budidaya cacing tanah bahan budidaya cacing tanah bisnis budidaya cacing tanah budidaya cacing tanah di cirebon cara budidaya cacing tanah
Image: kelasternak.com

Masa panen pada budidaya cacing tanah ini bisa dilakukan setiap 6 bulan sekali. Setelah panen, cacing sekaligus tanah bekas cacing bisa dijual sebagai pakan ternak dan sebagai pupuk organik karena telah mengandung unsur hara yang sudah terurai sempurna oleh cacing.

Dalam memisahkan cacing dari media tanahnya, tidak perlu dengan mengaduk-aduk tanah tersebut. Cukup dengan menggunakan lampu neon atau petromaks yang diletakkan di atas permukaan tanah.

Tak butuh waktu lama, cacing-cacing akan keluar dengan sendirinya menuju permukaan karena sensitif terhadap cahaya. Dengan cara ini memisahkan cacing dengan media akan lebih mudah.

Setelah dipisahkan dari cacing, lalu ambil kokon yabg ada di sarang dan pisahkan dari tanah kascing. Tanah kascing bisa dikumpulkan dan dimanfaatkan sebagai pupuk organik.

Budidaya Cacing Tanah Efisien dan Panen Berlimpah

download gambar budidaya cacing tanah hama budidaya cacing tanah budidaya satwa harapan cacing tanah budidaya cacing tanah pakan ikan
Image: kelasternak.com

Agar hasil panen dari ternak cacing tanah ini semakin optimal, terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan supaya prosesnya lebih efisien dan bisa mendapatkan panen yang maksimal

  1. Gunakan rak susun dalam menempatkan kotak pemeliharaan untuk efifiensi tempat juga memudahkan pengendalian terhadap serangan hama sepertj semut.
  2. Gunakan kotak pemeliaraan yang ukurannya besar apabila menginginkan interval penggantian media tanah yang lebih lama.
  3. Pakan cacing yang kasar bisa digiling dahulu kemudian dijadikan bokashi
  4. Manfaatkan limbah sayuran atau buah yang banyak mengandung lemak misalnya kacang-kacangan atau ampas kelapa sebagai pakan supaya perkembangan tubuh cacing bisa lebih cepat dan gemuk.

Budidaya cacing tanah yang dilakukan dengan baik akan menghasilkan cacing-cacing yang berkualitas serta berlimpah sehingga dapat membuahkan keuntungan. Tak hanya dari cacing, tanah bekas pemeliharaannya pun juga bisa dijual untuk pupuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *