Tips Budidaya Ikan Gabus Bagi Pemula

3 min read

budidaya ikan gabus lampung budidaya ikan gabus di lampung cara budidaya ikan gabus liar budidaya ikan gabus di lahan sempit laporan budidaya ikan gabus lama waktu budidaya ikan gabus persiapan lahan budidaya ikan gabus budidaya ikan gabus malas budidaya ikan gabus media terpal

Ikan gabus dikenal dengan berbagai nama seperti common snakehead, snakehead murrel, dan juga aruan. Karena dipercaya dapat menyembuhkan penyakit, budidaya ikan gabus semakin meningkat seiring waktu. Budidaya ikan gabus sangat diminati oleh banyak orang.

Budidaya ikan memang menjadi salah satu bisnis yang dapat menjanjikan prospek yang cemerlang. Indonesia memiliki Banyaknya komoditas perikanan di Indonesia membuat budidaya ikan menjadi salah satu tiang perekonomian yang banyak digeluti.

Ciri-ciri Ikan Gabus

budidaya ikan gabus kolam tanah budidaya ikan gabus kulon progo budidaya ikan gabus kediri budidaya ikan gabus kendal budidaya ikan gabus/kutuk budidaya ikan gabus lamongan
Image: kelasternak.com

Ikan gabus merupakan ikan air tawar dengan ukuran rata-rata yang cukup besar. Bisa tumbuh hingga mencapai 1 m. Kepalanya besar dan sedikit pipih mirip seperti kepala ular, dengan sisik-sisik berukuran besar di atas kepala.

Tubuhnya berbentuk bulat gilig memanjang, menyerupai peluru kendali. Sirip pada bagian punggungnya memanjang, sedangkang sirip yang ada pada ekornya membulat pada bagian ujung.

Sisi atas tubuh berwarna gelap, bisa hitam, kecoklatan, atau kehijauan. Bagian bawah tubuhnya berwarna putih. Sisi samping bergaris-garis tebal yang sedikit kabur. Warna ini juga seringkali mengikuti lingkungan sekitarnya. Mulutnya besar, dengan gigi-gigi yang tajam.

Klasifikasi Ilmiah Ikan Gabus

budidaya ikan gabus cilacap budidaya ikan gabus cirebon budidaya ikan gabus di cirebon cara budidaya ikan gabus cara budidaya ikan gabus di kolam terpal cara budidaya ikan gabus di kolam beton cara budidaya ikan gabus di ember
Image: kelasternak.com

Kingdom              : Animalia

Filum                     : Chordata

Kelas                     : Actinopterygii

Ordo                      : Perciformes

Famili                    : Channidae

Genus                   : Chana

Spesies                 : Chana striata

(Bloch, 1793)

Habitat Ikan Gabus

budidaya ikan gabus jember budidaya ikan gabus di jatim budidaya ikan gabus di jombang jurnal budidaya ikan gabus budidaya ikan gabus kutuk kendal kabupaten kendal jawa tengah budidaya ikan gabus / kutuk kendal kendal regency central java budidaya ikan gabus kolam terpal
Image: kelasternak.com

Ikan gabus biasa hidup secara alami di danau, rawa, sungai, hingga saluran-saluran air yang menuju ke sawah-sawah. Dapat bertahan hidup dengan memangsa ikan kecil-kecil, serangga, berudu hingga katak. Ikan gabus yang hanyut terbawa arus dan masuk ke kolam peliharaan akan menjadi hama.

Apabila sawah, kolam atau parit mengering, ikan ini akan berpindah ke tempat lain. Atau bila tidak memungkinkan, ikan gabus bisa mengubur dirinya di dalam lumpur untuk bertahan hidup.

Perilaku Ikan Gabus

budidaya ikan gabus agar cepat besar budidaya ikan gabus air tawar budidaya ikan gabus aceh budidaya ikan gabus di aquarium analisa budidaya ikan gabus cara budidaya ikan gabus dari anakan
Image: kelasternak.com

Ikan gabus mempnyai kemampuan bernapas tanpa mediun air atau langsung dari udara. Caranya adalah  dengan menggunakan semacam labirin yang ada pada jenis ikan serupa seperti pada ikan lele atau betok.

Pada saat musim kawin, ikan gabus jantan dan betina akan bekerja sama untuk menyiapkan sarang di antara tumbuhan di tepi air. Anak-anak ikan yang telah lahir berwarna jingga merah dengan garis hitam,

Anak-anak ini akan berenang dalam kelompok dan bergerak bersama-sama untuk mencari makanan. Induk ikan gabus juga akan menjaga ikan gabus muda hingga bisa bertahan hidup sendiri.

Manfaat Gabus bagi Kesehatan

budidaya ikan gabus biaya sampai keuntungan budidaya ikan gabus bojonegoro cara budidaya ikan gabus bagi pemula budidaya ikan gabus kolam beton budidaya ikan gabus sistem bioflok budidaya ikan gabus di bogor budidaya ikan gabus di bekasi
Image: kelasternak.com

Ikan gabus mengandung banyak protein berupa albumin. Zat ini diperlukan tubuh manusia setiap harinya, dan berperan dalam proses penyembuhan luka. Konsumsi ikan gabus dapat meningkatkan kadar albumin dalam darah serta membantu penyembuhan beberapa penyakit.

Keuntungan Budidaya Ikan Gabus

cara budidaya ikan gabus di kolam tanah budidaya ikan gabus di ember budidaya ikan gabus di drum budidaya ikan gabus di kolam beton budidaya ikan gabus di kolam terpal budidaya ikan gabus di kolam tanah budidaya ikan gabus di kolam terpal pdf budidaya ikan gabus di terpal budidaya ikan gabus di jogja
Image: kelasternak.com

Ikan gabus memiliki nilai jual yang cukup tinggi seperti contoh gabus segar, biasanya dijual dalam keadaan hidup. Ikan gabus juga mudah dipancing dengan umpan serangga atau anakan katak. Tetapi tak jarang giginya yang tajam serta sambaran dan tarikannya yang sangat kuat, dapat memutuskan tali pancing.

Ikan gabus juga sangat membantu dalam memusnahkan hama, di persawahan seperti keong yang membuat petani sering kali gagal panen. Dengan melakukan budidaya ikan gabus di sawah, keong-keong yang merugikan sedikit demi sedikit akan berkurang.

Tidak ada kesulitan budidaya ikan gabus yang berarti. Selain itu, ikan gabus juga memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Dengan melakukan analisa budidaya ikan gabus secara tepat, ikan ini dapat memberikan keuntungan yang berkali lipat.  

Harga ikan gabus yang tinggi, pemeliharaan yang relatif mudah, juga peluang pasar yang masih terbuka lebar membuat banyak orang tergiru untuk membudidayakan jenis ikan yang satu ini.

Dari sisi pembenihan, memerlukan waktu paling cepat 2 bulan agar bisa menghasilkan bibit ikan gabus siap jual dengan ukuran 7-8 cm. Ikan gabus dapat dipanen setelah ukurannya dalam 1 kg terdapat 5-8 ekor.

Biasanya, ikan gabus dewasa sudah bisa dipanen dalam waktu paling cepat 4 bulan dengan kisaran harga jualnya mencapai Rp. 60.000-Rp.100.000 per kilogram.

Cara Memijahkan Ikan Gabus yang Efektif

analisa budidaya ikan gabus kolam terpal budidaya anak ikan gabus alamat budidaya ikan gabus sentral budidaya ikan gabus pak andika madiun jawa timur budidaya ikan gabus bioflok budidaya ikan gabus bandung budidaya ikan gabus berapa lama
Image: kelasternak.com

Guna meningkatkan pasokan ikan gabus agar produksi tetap optimal, Domestikasi ikan gabus dari alam ke teampat budidaya perlu dilakukan. Dilihat dari tingkat domestikasi, ikan gabus termasuk dalam tingkatan terdomestikasi hampir sempurna.

Baik budidaya ikan gabus di kolam terpal, budidaya ikan gabus di drum, maupun budidaya ikan gabus bioflok memerlukan teknik dan cara pemijahan yang tepat gara hasilnya maksimal. Keuntungan yang diperoleh pun dapat mencapai titik tertinggi.

Sebelum membudidayakan ikan gabus, perlu dikaji secara seksama mengenai status reproduksi ikan gabus di perairan alami juga tempat budidaya serta pengaruh beberapa perlakuan yang diberikan. Bisa juga dimunculkan menjadi kisi-kisi budidaya ikan gabus.

Perlakuan tersebut antara lain berupa pengaturan ketinggian air, kombinasi pemberian naungan dan substrat, juga kombinasi penyuntikan hormon serta ketinggian air terhadap perkembangan gonad ikan gabus dalam tempat budidaya.

Diperlukan pemicu agar kematangan gonad induk di tempat budidaya bisa optimal. Denngan ketinggian air 25 cm selama 15 pertama yang kemudian dinaikkan menjadi 50 cm di 45 hari berikutnya menjadi perlakuan terbaik untuk ikan gabus.

Pemberian pakan ikan gabus agar cepat besar adalah sebanyak 4% dari bobot tubuhnya. Perlakuan ini juga dapat memicu perkembangan gonad pada ikan gabus.. Pemijahan ikan gabus di alam dimulai pada Agustus atau memasuki musim hujan yang menyebabkan terjadi penambahan ketinggian air.

Rangsang Hormon

budi daya ikan gabus dalam ember estimasi budidaya ikan gabus gambar budidaya ikan gabus budidaya ikan gabus hias cara budidaya ikan gabus hias hitungan budidaya ikan gabus budidaya ikan gabus kabupaten kulon progo daerah istimewa yogyakarta judul buku teknik budidaya ikan gabus berdasarkan identitasnya buku tersebut termasuk buku budidaya ikan gabus jogja
Image: kelasternak.com

Di habitat alaminya, ikan gabus lebih sering berada di antara tanaman air dan atau dibawah naungan. Fungsi dari tanaman air atau naungan itu sendiri adalah sebagai tempat persembunyian atau pengintaian ketika akan memangsa, juga sebagai tempat pengasuhan larva hingga ukuran 60 mm.

Untuk bididaya ikan gabus di kolam, pemberian naungan adalah seperempat bagian dari dasarnya. Gunakan substrat berlumpur sebagai tiruan dari habitat aslinya serta kebiasaan ikan gabus yang mengintai mangsa serta kemampuannya bertahan hidup dengan membenamkan diri ke dalam lumpur.

Naungan dan substrat berfungsi sebagai lingkungan ideal untuk menoleransi keadaan di lingkungan asalya. Selain itu, penyuntikan hormon gonadotropin seperti sGnRH dengan pengaturan ketinggian air juga memacu pemijahan ikan gabus.

Penyuntikan dilakukan sebanyak dua kali secara intramuskular atau penyuntikan ke jaringan otot di area belakang sirip punggung bagian kiri dan kanan. Injeksi pertama sebanyak sepertiga dosis total atau 0,2 ml per kg lalu 10 jam kemudian penyuntikan kedua sebanyak dua per tiga dari dosis total.

Dengan mengatur atau mengendalikan ketinggian air di dalam kolam budidaya, beberapa indikator yang manandakan status reproduksi ikan gabus dapat berkembang secara optimal.

Pemberian naungan, substrat, penyuntikan hormon, dan mengatur ketinggian air menjadi kunci sukses pemijahan dalam budidaya ikan gabus yang permintaannya semakin melonjak. Selain untuk memenuhi kebutuhan pasar pembudiayaan ikan gabus juga untuk menjaga kelestariannya di alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *