Cara Budidaya Ikan Gurame Untung Besar

3 min read

cara budidaya ikan gurame bagi pemula cara memelihara ikan gurame biar cepat besar cara budidaya ikan gurame kolam beton cara budidaya ikan gurame sistem bioflok

Cara budidaya ikan gurame yang relatif mudah dan permintaan pasar yang banyak. Ikan gurame yang memiliki nama ilmiah Osphronemus goramy adalah salah satu jenis ikan air tawar yang sangat populer dan disukai sebagai ikan konsumsi di sebagian besar Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Selain dikonsumsi,  gurame juga sering dipelihara dalam akuarium. Kebutuhan pasar yang tinggi akan produksi ikan air tawar yang satu  ini tentu menjadi sebuah prospek bisnis yang cukup menjanjikan. Mengingat harga ikan gurame di pasaran relatif stabil, bahkan dapat terus meningkat.

Ciri-ciri Ikan Gurame

cara memelihara budidaya ikan gurame cara memelihara ikan gurame dan nila cara budidaya ikan gurame padang cara budidaya ikan gurame pdf cara budidaya ikan gurame pemula cara budidaya ikan gurame powerpoint
Image: kelasternak.com

Ikan gurame memiliki bentuk tubuh yang lebar dan pipih. Panjang tubuh total dengan sirip ekor bisa mencapai 1 meter. Ikan gurame muda mempunyai moncong yang meruncing. Memiliki 8-10 garis belang yang melintang di tubuhnya.

Ketika beranjak dewasa, warna-warna yang ada di tubuh ikan gurame ini akan memudar. Kepala ikan gurame juga akan mengalami pembengkakan secara tidak teratur.

Habitat Ikan Gurame

cara budidaya ikan gurame merah cara budidaya ikan gurame mini cara budidaya ikan gurami merah cara memelihara ikan gurame yang masih kecil cara membuat budidaya ikan gurame
Image: kelasternak.com

Pada awal persebarannya ikan gurame banyak ditemukan di pulau-pulau besar seperti Sumatera, Jawa, dan Kalimantan. Namun pada perkembangannya, ikan ini telah dipelihara sebagai ikan konsumsi di berbagai negara terutama Asia Tenggara, Asia Selatan, serta Australia.

Di habitat aslinya, ikan gurami biasa hidup di sungai-sungai, rawa, dan kolam, termasuk juga di air payau.  Kolam-kolam dangkal dengan banyak tumbuhan adalah tempat yang paling disukai oleh gurame.

Anak-anak gurame akan dijaga oleh induknya untuk beberapa waktu. Telurnya ikan gurame dilekatkan sela-sela tumbuhan air atau di sebuah sarang yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan.

Gurami merupakan pemakan tumbuhan, namun terkadang juga memangsa serangga, ikan lain, atau sisa makanan dan bahan organik yang membusuk di dalam air.

Manfaat Ikan Gurame

cara budidaya ikan gurame di kolam tembok cara budidaya ikan gurame di kolam tanah cara budidaya ikan gurame di terpal cara budidaya ikan gurame dari telur
Image: kelasternak.com

Selain rasanya yang lezat, ikan gurame juga tinggi kandungan protein dan juga vitamin yang bak bagi kesehatan. Ikan gurami terutama digemari sebagai ikan konsumsi. Tekstur dagingnya padat, durinya besar-besar, dan memiliki rasa yang enak juga gurih.

Makanan ikan gurame hampir selalu tersedia di berbagai restoran, seperti hurame bakar atau gurame asam-manis. Salah satu kelebihan budidaya ikan gurame adalah meski harga per porsinya relatif mahal, permintaan pasar akan jenis ikan yang satu ini tak pernah berkurang.

Langkah dan Cara Budidaya Ikan Gurame

cara memelihara ikan gurame di kolam kecil cara ternak ikan gurame di kolam kecil cara pemijahan ikan gurame kolam terpalcara memelihara ikan gurame di kolam kecil cara ternak ikan gurame di kolam kecil cara pemijahan ikan gurame kolam terpalcara memelihara ikan gurame di kolam kecil cara ternak ikan gurame di kolam kecil cara pemijahan ikan gurame kolam terpalcara memelihara ikan gurame di kolam kecil cara ternak ikan gurame di kolam kecil cara pemijahan ikan gurame kolam terpalcara memelihara ikan gurame di kolam kecil cara ternak ikan gurame di kolam kecil cara pemijahan ikan gurame kolam terpalcara memelihara ikan gurame di kolam kecil cara ternak ikan gurame di kolam kecil cara pemijahan ikan gurame kolam terpalcara memelihara ikan gurame di kolam kecil cara ternak ikan gurame di kolam kecil cara pemijahan ikan gurame kolam terpalcara memelihara ikan gurame di kolam kecil cara ternak ikan gurame di kolam kecil cara pemijahan ikan gurame kolam terpalcara memelihara ikan gurame di kolam kecil cara ternak ikan gurame di kolam kecil cara pemijahan ikan gurame kolam terpalcara memelihara ikan gurame di kolam kecil cara ternak ikan gurame di kolam kecil cara pemijahan ikan gurame kolam terpal
Image: kelasternak.com

Untung dan rugi dalam berbagai cara budidaya ikan gurame memang selalu ada. Oleh karena itu, berikut adalah langkah dalam memulai budidaya ikan gurame beserta cara budidaya ikan gurame agar cepat besar dan memberikan hasil maksimal.

Membuat Kolam

cara budidaya ikan gurame kolam tanah cara budidaya ikan gurame kolam tembok cara memelihara ikan gurame kecil cara budidaya ikan konsumsi gurame teknik budidaya ikan gurame kolam terpal
Image: kelasternak.com

Hal pertama yang harus dipersiapkan dalam memulai bisnis budidaya ikan gurame adalah kolam. Baik cara budidaya ikan gurame di kolam tembok maupun cara budidaya ikan gurame di kolam terpal keduanya harus memiliki kolam yang bersih serta terbebas dari berbagai hama penyebab penyakit.

Sebaiknya kolam diberi filter atau saringan pada celah pemasukan air maupun celah pengeluaran air untuk mengantisipasi masuknya hewan yang bisa menjadi hama pada kolam tersebut.

Ukuran ideal untuk sebuah kolam gurame adalah 6-12 meter persegi, dengan kedalaman 90-150 cm. Kolam dengan ukuran tersebut bisa menampung puluhan ekor ikan gurame dengan bobot rata-rata 2,5 ons.

Pemilihan Indukan Gurame

cara budidaya ikan gurame lengkap cara ternak ikan gurame lahan sempit cara budidaya ikan gurame dari larva cara budidaya ikan gurame modern cara budidaya ikan gurame mudah
Image: kelasternak.com

Indukan gurame yang siap untuk dipijahkan adalah yang sudah berumur 4-7 tahun, dengan bobot sekitar 1,5-2 kg per ekornya. Rentang usia tersebut merupakan masa-masa paling produktif pada gurame.

Ikan gurame yang siap dipijahkan biasanya memiliki perut yang besar. Warna badannya menjadi lebih gelap dan agak pucat. Gerakannya juga lincah.

Gurame yang siap dipijahkan perlu dipisahkan dari ikan-ikan lainnya. Usahakan kolam pemijahan tidak berlumpur dengan dasar bersedimen pasir. Karena gurame indukan biasanya cukup lincah juga banyak bergerak, maka kedalaman kolam sebaiknya di atas 80 cm.

Pada kolam pemijahan juga perlu diberi semacam sosog dari bambu yang ditancapkan pada kolam. Sosog ini berfungsi sebagai sarang untuk telur gurame nantinya.

Penetasan Telur

cara budidaya ikan gurame agar cepat besar cara budidaya ikan gurame air tawar cara budidaya ikan gurame agar cepat bertelur cara budidaya ikan gurame apa
Image: kelasternak.com

Ketika di kolam pemijahan telah menemukan semacam sarang yang tertutup, maka segera angkat sarang tersebut sebab di dalam sarang tersebut terdapat telur-telur ikan gurame. Buka sarang tersebut lalu letakkan telur-telur gurame ke dalam sebuah ember besar yang telah diisi air.

Telur ikan yang berkualitas biasnaya berwarna kuning, sedangkan telur yang kurang baik atau kemungkinan tidak menetas berwarna putih. Proses penetasan telur gurame ini umumnya membutuhkan waktu selama 3-4 hari.

Pemeliharaan Benih

cara budidaya ikan gurame rumahan cara budidaya ikan gurame singkat cara budidaya ikan gurame sederhana cara budidaya ikan gurame soang cara budidaya ikan gurame supaya cepat besar cara budidaya ikan gurame sukses
Image: kelasternak.com

Benih ikan gurame harus diletakkan terpisah agar pertumbuhannya lebih maksimal dan tidak dimakan oleh ikan yang lebih besar. Makanan yang diberikan harus berupa pellet yang halus. Proses pendedaran benih gurame ini memerlukan waktu selama sekitar 3-4 bulan.

Pemberian Pakan

cara cepat budidaya ikan gurame contoh cara budidaya ikan gurame cara budidaya ikan gurame di kolam terpal cara budidaya ikan gurame di kolam beton cara budidaya ikan gurame dalam ember
Image: kelasternak.com

Makanan utama untuk gurame adalah pellet. Dalam sehari, sebaiknya diberi pakan sebanyak dua kali, pada waktu pagi dan sore. Untuk lebih menghemat biaya pakan, bisa juga dengan memberikan daun-daunan seperti kangkung, pepaya, dan tauge, sebagai selingan.

Proses Panen

cara budidaya ikan gurame bagi pemula cara memelihara ikan gurame biar cepat besar cara budidaya ikan gurame kolam beton cara budidaya ikan gurame sistem bioflok
Image: kelasternak.com

Pemanenan perlu dilakukan dengan hati-hati, agar hasilnya maksimal. Mungkin sebelumnya muncul pertanyaan, panen ikan gurame berapa bulan? Masa panen biasanya dalam waktu 4-6 bulan sejak benih dimasukkan dalam kolam.

Lokasi Kolam yang Tepat

cara budidaya ikan gurame di rumah cara budidaya ikan gurame di kolam kecil cara budidaya ikan gurame di kolam plastik cara memelihara ikan gurame dalam ember cara budidaya ikan gurame hias
Image: kelasternak.com

Pemilihan  lokasi kolam yang ada di dataran rendah lebih diutamakan daripada lokasi kolam di dataran tinggi. Sebab ikan gurame akan lebih cepat tumbuh di tempat yang memiliki ketinggian maksimal 800 meter di atas permukaan laut.

Mengeringkan Kolam Sebelum Memasukkan Benih Ikan Gurame

cara budidaya ikan gurame di akuarium cara memelihara ikan gurame di akuarium cara budidaya ikan gurame brainly cara budidaya ikan gurame biar cepat besar
Image: kelasternak.com

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika akan memulai budidaya ikan gurame adalah melakukan pengeringan kolam sebelum memasukkan benih gurame baru. Hal ini dilakukan agar benih ikan gurame Anda bisa terhindar dari serangan berbagai macam penyakit ikan gurame seperti jamur dan lain-lain.

Pengeringan kolam sebaiknya dilakukan selama 10-14 hari yang diberi kapur pertanian sebanyak kurang lebih 200 gram per meter persegi. Rendam juga semua peralatan yang akan dipakai untuk budidaya ikan gurame dalam larutan kaporit selama kurang lebih setengah jam lalu keringkan.

Memberikan Pakan yang Mengandung Protein Nabati dan Hewani

cara budidaya ikan gurame di bak cara budidaya ikan gurame yang baik dan benar cara budidaya ikan gurame cepat besar cara budidaya ikan gurame dari bibit cara ternak ikan gurame cepat panen
Image: kelasternak.com

Dalam beberapa jenis cara budidaya ikan gurame rumahan, pakan yang baik untuk ikan gurame adalah pakan yang banyak mengandung protein nabati maupun protein hewani. Protein hewani merupakan kandungan protein yang bisa membuat ikan gurame cepat tumbuh besar.

Hal itu disebabkan ikan gurame membutuhkan setidaknya 25% protein hewani agar bisa cepat berkembang besar. Selain itu, bisa juga memberikan enzim kompleks sebanyak 2% dari pakan pabrik.

Menggunakan teknologi probiotik juga menjadi nilai tambah bagi perkembangan ikan gurame. Probiotik berperan penting dalam meningkatkan keberhasilan budidaya ikan gurame serta menjaga kesehatannya.

Tak hanya itu, probiotik juga mampu menjaga keseimbangan mikroba serta mengendalikan molekul patogen dalam saluran pencernaan. Dengan cara budidaya ikan gurame serta teknik perawatan yang tepat, hasil yang diperoleh pun akan maksimal dan berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *