9 Tips dan Cara Merawat Ayam Bangkok Petarung

3 min read

cara merawat ayam bangkok dari kecil hingga besar cara merawat ayam bangkok dengan baik cara merawat ayam bangkok di box cara merawat ayam bangkok dan makanannya cara merawat ayam bangkok dengan baik dan benar

Ayam bangkok merupakan ayam yang berasal dari Thailand. Di daerah asalnya, jenis ayam ini sering dimanfaatkan sebagai ayam petarung. Sehingga cara merawat ayam bangkok pun disesuaikan dengan tujuannya untuk menjadi yang paling kuat.

Ayam yang memiliki sifat petarung ini memiliki potensi yang sangat besar untuk memberikan keuntungan. Meski demikian, pemeiharaannya tak bleh sembarangan. Perlu trik dan cara khusus agar ayam bangkok yang dipelihara dapat benar-benar berkualitas.

Perawatan Bibit

cara merawat itik ayam bangkok cara merawat ayam bangkok jalu lepek cara merawat ayam bangkok janggaran cara merawat ayam bangkok jadi juara cara merawat ayam bangkok jalu renteng cara merawat ayam bangkok juara
Image: kelasternak.com

Setelah ayam indukan betina bertelur, maka perlu segera menyiapkan kandang lain untuk meletakkan telur-telur tersebut, sekaligus sebagai tempat induk mengerami sampai menetas.

Ketka ayam bangkok anakan menetas, pisahkan bibit ayam tersebut dari induknya. Letakkan di kandang khusus dan dirawat dengan baik. Cara merawat ayam bangkok anakan adalah dengan selalu dipantau makanan, pencahayaan, serta suhunya agar ayam tumbuh dengan baik.

Memilih Kandang yang Baik

cara merawat ayam bangkok agar jadi petarung hebat cara merawat anak ayam bangkok umur 1 hari cara merawat anak ayam bangkok umur 3 hari cara merawat indukan ayam bangkok agar cepat bertelur cara merawat indukan ayam bangkok
Image: kelasternak.com

Kandang menjadi unsur yang penting dalam cara merawat ayam jago bangkok. Ketika memiih kandang untuk ayam bangkok, terdapat beberapa faktor yang perlu diperhatikan yakni

  • Jarak antar satu kandang dengan kandang lainnya minimal 5 meter
  • Sebaiknya memilih kandang yang ada di kontur tanah datar. Lebih baik lagi jika terdapat pohon yang bisa meneduhkan sekalgus menjadi pemasok oksigen yang baik
  • Kandang yang ditumbuhi rumput juga bagus bagi ayam bangkok karena bisa dijadikan makanan tambahan kaya serat
  • Tidak ada air yang menggenang dan saluran airnya lancar tanpa sumbatan. Hal ini untuk menghindari munculnya sarang nyamuk
  • Pagari kandang dengan semen atau batu bata. Bisa juga dengan kawat atau bambu untuk menghemat anggaran
  • Kandang sebaiknya menghadap ke arah matahari terbit serta sejajar dengan arah angin untuk menghindari penularan penyakit dari luar kandang

Beberapa jenis kandang juga bisa digunakan untuk memelihara ayam bangkok. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai masing-masing kandang pemeliharaan ayam bangkok.

Kandang postal

Kandang ini merupakan kandang khusus untuk anak ayam bangkok yang baru saja menetas. Tingginya 1 meter denga panjang 1meter dan lebar 0.8 meter. Biasanya dapat menampung 10 sampai 15 ekor anakan ayam bangkok. Dinding kandang ini terbuat dari kawat.

Pada bagian dalam kandang, perlu ditambah dengan alat pemanas seperti bohlam. Sekam padi juga bisa ditembahkan untuk alas guna menjaga kelembapan dan harus diganti secara rutin setiap 3 hari sekali.

Kandang umbaran satuan

Bisa digunakan sebagai kandang kawin dan sebagai kandang anakan yang berumur 1.5 hingga 3 bulan. Kandang ini umumnya terbuat dari kayu berukuran lebar 1 meter dengan tinggi 2.5 meter dan panjang 1.5 meter.

Kandang ini dialasi dengan  tanah yang sudah dicampur dengan pasir sehingga dapat merangsang pembentukan struktur jari atau cakar ayam. Lebih baik juga apabila ditambah dengan tenggeran dari kayu untuk tempat bermain.

Kandang tidur

Kandang khusus untuk tidur ayam di malam hari dengan alas yang ditinggikan seperti panggung berjarak setidaknya 1.5 meter dari tanah untuk menghindari suhu tanah yang dingin pada malam hari.

Pemberian Pakan Anakan Ayam Bangkok

cara merawat ayam bangkok biar cepat bertelur cara merawat ayam bangkok biar bagus cara merawat ayam bangkok birma cara merawat ayam bangkok dari kecil cara merawat ayam bangkok di musim hujan
Image: kelasternak.com

Cara merawat ayam bangkok yang baik tentu perlu memperhatikan pemberian makanan hariannya juga. Anakan ayam bangkok yang berusia 1 hingga 2 memang cukup diberi air saja karena kebutuhan nutrisinya bisa terpenuhi dari kuning telur yang masih tersisa.

Sesudah usia dua hari, pemberian makan harus diatur dengan baik. Pemberian pakan ayam bangkok berupa pur dan sejenisnya juga perlu diberikan dalam jumlah yang sesuai dan cukup.

Suplemen Tambahan Ayam Bangkok

cara merawat ayam bangkok agar mempunyai pukulan mematikan cara merawat ayam bangkok aduan siap tarung cara merawat ayam bangkok agar tetap sehat cara merawat ayam bangkok agar merah merona
Image: kelasternak.com

Selain makanan yang cukup, anak ayam bangkok yang terus bertumbuh memerlukan asupan lain semisal berupa campuran susu bubuk untuk bayi serta pur dengan perbandingan 1:5. Formula ini bisa diberikan  untuk anakan ayam bangkok yang berusia 1 sampai 4 bulan.

Suplemen tambahan iniHal ini sangat penting dilakukan untuk pembentukan tulang, bulu, otot serta beberapa bagian tubuh anak ayam lainnya.

Pencabutan Bulu

cara merawat ayam bangkok agar tidak terkena penyakit cara merawat ayam bangkok agar mental full cara merawat ayam bangkok biar nafas kuat cara merawat ayam bangkok biar pukulan keras cara merawat ayam bangkok biar pukul keras
Image: kelasternak.com

Perlakuan pada yama bangok memang sedikit berbeda dibanding dengan ayam biasa. Bulu anakan ayam bangkok yang tumbuh dengan sangat lebat dapat mengambil porsi gizi dari asupan makanannya.

Sebaiknya sebagian bulu ayam bangkok yang sudah terlalu lebat dicabuti saat usianya telah mencapai 3 minggu. Pencabutan ini dilakukan dengan cara memotong bulu pada bagian ekor maupun sayapnya.

Di usia yang ke-2 bulan, bulu yang ada di punggung atau leher bisa dicabut guna mengoptimalkan penyerapan nutrisi makanan dan lebih difokuskan untuk pertumbuhannya.

Perawatan Anakan Ayam Bangkok

cara merawat ayam bangkok agar tidak terserang penyakit cara merawat ayam bangkok agar nafas panjang cara merawat ayam bangkok aduan dari kecil cara merawat ayam bangkok agar sehat
Image: kelasternak.com

Perawatan harian ayam aduan yang satu ini pada masa anakan awal hingga usia 6 bulan sebaiknya hanya dipelihara dalam kandang dan tidak dilepas liarkan dahulu, sama seperti pada budidaya ayam pedaging.

Perlakuan ini juga berfungsi untuk menghindari ayam terlalu kehilangan energi karena bermain. Energi yang ada seharusnya digunakan dalam pertumbuhannya. Untuk batas waktu bermainnya pun cukup 30 menit saja setiap hari.

Beri Pakan Anakan Sesuai Usia

cara merawat ayam bangkok betina agar cepat bertelur cara merawat ayam bangkok biar badanya keras cara merawat ayam bangkok biar jago tarung cara merawat ayam bangkok bertelur
Image: kelasternak.com

Setiap usia anakan ayam, tentu memiliki fase pertumbuhannya masing-masing. Makanan ayam aduan yang umurnya masih di bawah 3 bulan bisa diberikan pur atau pakan yang mengandung kalsium serta protein tinggi guna menunjang pertumbuhan sistem geraknya.

Apabila ingin memberikan pakan campur, pastikan dahulu kandang dapat dijaga agar benar-benar bersih, karena kondisi lembab di tempat pakan dapat memicu pertumbuhan jamur yang berpotensi meracuni ayam.

Pakan dengan kandungan kalsium, protein, lemak, serta karbohidrat bisa diberikan pada anakan yang telah berusia antara 3 hingga 6 bulan. Nutrisi tersebut dibutuhkan untuk pertumbuhan otot serta daging.

Salah satu pakan yang bisa diberikan adalah pur yang bertekstur sedikit kasar dan dicampur dengan nasi secukupnya. Sedangkan untuk ayam bangkok yang menjelang dewasa, sudah bisa diberi pakan yang relatif lebih kasar.

Mandikan Secara Teratur

cara merawat ayam bangkok dengan mudah cara memelihara ayam bangkok dengan baik cara merawat ayam bangkok setelah di adu cara merawat ayam bangkok ekor lidi cara merawat ekor ayam bangkok agar panjang cara merawat ayam bangkok biar mental full cara merawat fisik ayam bangkok
Image: kelasternak.com

Dalam rangka menjaga penampilannya, cara merawat ayam bangkok siap adu juga perlu dimandikan secara teratur. Waktu terbaik untuk memandikan ayam ini adalah pada pagi hari sekitar jam 8.

Memandikan ayam bangkok bisa dilakukan menggunakan air bersih dan tak perlu memakai sabun. Air hangat juga sebaiknya tidak digunakan karena dikhawatirkan dapat merusak jaringan pertumbuhan bulu  ayam bangkok.

Latih Ayam Bangkok Agar Tangguh

cara merawat ayam bangkok harian cara merawat ayam bangkok hilang mental cara merawat ayam bangkok malam hari cara merawat ayam bangkok yang habis tarung cara merawat ayam bangkok musim hujan
Image: kelasternak.com

Anakan ayam bangkok baru berusia 1 sampai 5 bulan memang sebaiknya hanya fokus pada pertumbuhan badan saja. Latihan pada ayam bangkok bisa dimulai ketika berusia 6 atau 7 bulan. Cara melatih mental ayam bangkok umur 6 bulan bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Latihan ini sangat penting agar ayam bangkok bisa tumbuh menjadi ayam petarung yang kuat dan tangguh. Ayam bangkok juga akan terbiasa bekerja kerjas serta tidak mudah lelah.

Latihan fisik dalam cara merawat ayam bangkok dilakukan dengan melatihnya bertarung dengan ayam sejenis maupun ayam lokal. Pegerakan setiap pagi juga diperlukan agar otot lebih lemas serta lentur sehingga lebih tangkas untuk menangkis serangan musuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *