Cara Ternak Ayam Petelur Untuk Pemula

4 min read

ternak ayam petelur bandung

Masyarakat Indonesia sudah mengenal ternak ayam petelur sejak lama. Ayam petelur menjadi primadona yang banyak dijumpai.

Telur ayam memenuhi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari karena permintaan yang tinggi membuat usaha tersebut sangat diminati oleh berbagai kalangan untuk menjadi bisnis yang maju hingga saat ini.

Bahan makanan dari telur ayam banyak dibutuhkan karena mudah didapat serta sebagai bahan utama untuk makanan yang berbahan dasar telur ayam.

Peluang ini sangat menguntungkan bagi anda yang akan memulai ternak ayam petelur pemula. Bagi anda yang akan memulainya mesti tahu cara-caranya terlebih dahulu. Ok, tak menunggu waktu lama, kita bahas satu-satu disini.

Mengenal Tipe Ayam Petelur Di Indonesia

Cara ternak ayam petelur untuk pemula
Image: kelasternak.com

Perlu dipahami pemilihan tipe ayam petelur dipilih sesuai kebutuhan. Untuk ayam petelur ada dua tipe yaitu ayam petelur tipe ringan dan ayam petelur tipe medium.

Ayam Petelur Tipe Ringan

info ternak ayam petelur izin usaha ternak ayam petelur cara ternak ayam petelur di atas kolam ikan ternak ayam petelur jantan ternak ayam petelur jawa ternak ayam petelur jatim
Image: kelasternak.com

Sesuai namanya, bobot ayam petelur ini ringan karena memiliki tubuh yang ramping atau kurus mungil serta berwarna putih bersih dan jengger warna merah.

Untuk ayam petelur ini sudah banyak dijumapai di Indonesia. Peternak pembibit ayam petelur di Indonesia sudah memiliki dan menjual ayam petelur tipe ringan komersial yang satu ini.

Ayam ini diarahkan khusus untuk bertelur saja, sehingga kemampuan dirinya diciptakan untuk bertelur. Ayam ini memiliki produksi 260 butir per tahun pada hen house.

Selain itu, ayam ini mudah kaget ketika ada keributan maupun cuaca panas berdampak ke daya produksi.

Ayam Petelur Tipe Medium

harga ternak ayam petelur ternak ayam petelur diatas kolam ikan ternak ayam petelur terbesar di indonesia peternakan ayam petelur di indonesia izin ternak ayam petelur ilmu ternak ayam petelur investasi ternak ayam petelur
Image: kelasternak.com

Ayam ini memiliki berat tubuh yang cukup berat. Walau demikian bobotnya masih diantara ayam petelur ringan dan ayam broiler. Maka dari itu disebut juga ayam tipe medium.

Untuk ayam ini telurnya berwarna cokelat. Pada dasarnya ayam ini bulunya berwarna cokelat memiliki tubuh yang tidak kurus tetapi juga tidak gemuk.

Ayam tipe medium ini dapat disebut dengan tipe dwiguna karena selain menghasilkan telur yang banyak, hasil dari dagingnya pun juga banyak.

Skala Ternak Ayam Petelur

Cara ternak ayam petelur untuk pemula
Sumber: kelasternak.com

Anda perlu memahami skala pada usaha ayam petelur. Pada ternak ayam petelur skala kecil, bisa mencapai 100 ekor ataupun untuk skala besar supaya dapat menilai jalannya usaha, apa sesuai modal yang dikeluarkan atau belum.

Bagi yang ingin ternak ayam petelur lahan sempit anda dapat melihat kondisi lingkungan untuk mengethaui kapasitas ayam petelur yang akan diternakan.

Untuk menjadi ternak ayam petelur sukses anda perlu memahami pasar yang akan dituju. Penentuan target pasar akan bertujuan sebagai keberjalanan suatu usaha.

Penentuan skala usaha ayam petelur dapat anda tentukan dari modal, tenaga kerja, lahan, serta pasar yang ingin dicapai. Skala usaha ini berencana untuk membuat rencana keuangan dan proyeksi peternakan.

Persiapan Usaha Ayam Petelur

ternak ayam petelur bandung
Image: kelasternak.com

Ternak ayam petelur perlu memperhatikan hal-hal yang harus dipelajari untuk memudahkan proses usaha tersebut. Persiapan harus dilakukan sesuai mungkin karena dapat menentukan keberlangsungan usaha ayam petelur ini.

Pemilihan Bibit

ternak ayam petelur biaya peternakan ayam petelur biasanya menggunakan kandang dengan sistem peternakan ayam petelur bogor
Image: kelasternak.com

DOC (Day Old Chick) atau disebut pula ayam umur sehari merupakan bibit ayam yang akan dipelihara. Pemilihan DOC yang baik akan menentukan titik awal sebuah kegiatan peternak.

Bibit dapat dilihat dari berbagai petunjuk yaitu peternak dapat mengetahui informasi terlebih dahulu terkait kelebihan dan kekurangan dari karakter maupun sifat bibit yang pernah diternakan.

Anak ayam petelur dapat dilakukan dengan penjual DOC yang sudah berpengalaman dan bertanggung jawab dalam pengelolaannya. Pemilihan bibit juga disarankan yang sudah di vaksinasi karena dapat mengurangi kematian yang ada.

Kandang Ayam Petelur

budidaya ayam petelur berdasarkan produksinya dibagi menjadi dua yaitu peternakan ayam petelur bekasi ternak ayam petelur canggih ternak ayam petelur chickenku ternak ayam petelur caranya ternak ayam petelur.com
Image: kelasternak.com

Kandang ternak untuk ayam petelur memiliki prinsip dasar yang harus diamati untuk menjaga kenyamanan bagi ayam untuk bertelur serta menghindari stress yang terjadi.

Prinsip dasar pada pembuatan kandang ayam petelur bertujuan untuk memahami perubahan lingkungan yang terjadi bagi peternak. Diantara prinsip dasar yaitu sirkulasi udara, sinar matahari pagi, permukaan lahan peternakan dan kandang sistem terbuka.

Pada ternak ayam petelur rumahan ialah tanpa kandang dan ternak ayam petelur umbaran, ini tetap membutuhkan prinsip dasar kandang untuk menjaga kondisi ayam petelur.

Jenis kandang ayam petelur berdasarkan dari sistemya dapat menggunakan sistem kandang koloni dan kandang individual keduanya digunakan sesuai pada kebutuhan.

Sistem kandang koloni berbeda dengan sistem kandang individual. Sistem kandang koloni lebih mengarah pada ayam petelur periode starter dan periode remaja, sedangkan sistem kandang individual atau disebut cage lebih pada ayam pada periode produksi.

Pakan Ayam

ternak ayam petelur di lahan sempit ternak ayam petelur di tangerang
Image: kelasternak.com

Kebutuhan konsumsi pakan ayam petelur cukup tinggi disisi lain, bahan pakan ayam bersaing dengan bahan makanan untuk manusia seperti jagung.

Kebutuhan pakan ayam petelur yang pertama adalah untuk kebutuhan untuk hidup pokok sedangkan kebutuhan yang kedua adalah untuk kebutuhan produksi telur.

Ayam petelur dalam proses menghasilkan telur memerlukan unsur gizi yang sesuai untuk keberlangsungan hidupnya. Selain, untuk menghasilkan telur, pakan ayam petelur digunakan untuk kebutuhan bernapas, peredaran darah dan bergerak.

Pemberian pakan ayam petelur disesuaikan dengan periode ayam petelur pada periode starter, periode remaja dan masa prodkusi semuanya memiliki kadar protein yang berbeda serta pemberian konsumsi pakan yang berbeda.

Mengenal Penyakit Ayam Petelur dan Pencegahannya

gambar ternak ayam petelur gaji karyawan ternak ayam petelur ternak ayam petelur hsr kabupaten pamekasan jawa timur
Sumber: kelasternak.com

Pada ternak ayam petelur modern saat ini memiliki sistem yang sudah teratur untuk pencegahan penyakit yaitu dengan sanitasi kandang dan desinfektansi.

Penyakit ayam petelur disebabkan oleh berbagai faktor yaitu karena kondisi tubuh ayam yang melemah, pakan ayam yang buruk dan lingkungan.

Penyakit pada ayam petelur lebih banyak dan beragam daripada ayam broiler. Hal ini dapat berasal dari virus, bakteri, toksik dan parasit.

Penyakit asal virus yaitu berupa tetelo atau ND. Penyakit ini banyak dikenal. Gejalannya adalah mata sayu, kepala mengarah ke atas dan sayap terkulai. Pencegahannya dengan pemberian vaksin ND.

Penyakit asal bakteri yaitu pullorum atau disebut pula berak kapur. Penyakit ini memiliki tinja yang berwarna putih biasanya menyerang anak ayam serta ayam yang beranjak dewasa. Untuk obatnya sudah banyak di toko unggas salah satunya adalah furazolidone.

Penyakit asal toksik, ini berasal dari pakan yang telah berjamur sehingga ayam petelur akan mengalami gangguan di pernapasan dan pencernaaan. Pencegahannya adalah dengan menaruh pakan di tempat yang tidak lembab.

Penyakit asal parasit yaitu berasal dari kutu dan cacing disebabkan karena tempat pakan dan minum tidak dibersihkan setelah penggunaan dan kandang kotor. Pencegahannya dengan menjaga kebersihan kandang serta memberi obat cacing.

Pengelolaan Pasca Produksi

peternakan ayam petelur lelo farm kabupaten pringsewu lampung
Image: kelasternak.com

Pengelolaan hasil dari ayam yang utama adalah telur, untuk ternak ayam petelur skala besar pengambilan telur diambil sehari dapat tiga kali pengambilan yaitu pukul 10.00-11.00, kedua pada pukul 13.00-14.00 dan ketiga 15.00-16.00.

Telur ayam segera diambil dari kandang ayam karena untuk mengurangi kerusakan pada telur serta mikroba yang lainnya, yang berbahaya bagi telur ayam.

Pada umumnya ayam petelur bertelur pada pagi hari dan bila terlambat akan bertelur pada tengah hari. Pengambilan telur paling banyak ada pagi hari perlu tenaga tambahan untuk hal ini.

Hasil dari proses sampingan dari ayam petelur adalah kotoran ayam yang dapat anda jual sebagai pupuk bagi petani yang membutuhkan. Disisi lain, Ayam petelur yang sudah apkir dapat dijual untuk memenuhi kebutuhan daging di pasar.

Peluang usaha ternak ayam petelur ini dapat anda langsung memulainya. Kesempatan masih sangat terbuka lebar sebagai pendapatan yang lebih karena ketersediaan bibit dan pakan sudah banyak dijumpai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *