Cara Ternak Kelinci Pedaging yang Mudah untuk Pemula

4 min read

cara budidaya hewan kelinci cara menjual hasil ternak kelinci cara memelihara hewan ternak kelinci cara ternak kelinci jenis rex cara beternak kelinci jawa jenis dan cara ternak kelinci cara ternak kelinci koloni cara ternak kelinci kandang cara ternak kelinci rex karpet

Dalam salah satu versi, kata kelinci berasal dari bahasa Belanda, yakni konijntje yang berarti “anak kelinci”. Kelinci menjadi hewan yang tidak hanya lucu, namun bisa juga dimanfaatkan untuk diambil dagingnya. Cara ternak kelinci pedaging pun saat ini sudah lebih mudah, terlebih untuk pemula.

Keuntungan ternak kelinci pun tak bisa dianggap main-main. Jika ditekuni dengan serius, kelinci pedaging bisa dijadikan bisnis sampingan bahkan dapat mendatangkan laba yang cukup menggiurkan.

Klasifikasi Kelinci

cara beternak kelinci flemish giant cara beternak kelinci fuzzy lop cara budidaya kelinci flam cara budidaya kelinci flemish giant cara ternak kelinci hias cara ternak kelinci holland lop cara beternak kelinci hias untuk pemula
Image: kelasternak.com

Kingdom              : Animalia

Filum                     : Vertebrata

Kelas                     : Mammalia

Ordo                      : Lagomorpha

Famili                    : Leporidae

Genus                   : Oryctolagus

Jenis dan Karakter Kelinci

cara ternak kelinci new zealand cara ternak kelinci nd cara beternak kelinci new zealand white cara ternak kelinci tanpa ngarit cara ternak kelinci potong
Image: kelasternak.com

Secara sederhana, kelinci terbagi ke dalam dua jenis, yakni kelinci liar dan kelinci peliharaan. Ras kelinci pun bermacam-macam, mulai dari Angora, Lyon, English Spot, American Chinchilla, Dutch, Himalayan, dan masih bayak lagi.

Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa jenis kelinci lokal, seperti kelinci jawa (Lepus negricollis) dan kelinci Sumatra (Nesolagus netseherischlgel). Ciri khas dari kelinci lokal adalah warna bulunya yang cokelat perunggu kehitaman dengan ekor jingga dan ujungnya yang hitam.

Kelinci Indonesia ini, banyak diternakkan untuk tujuan komersial. Baik sebagai kelinci hias atau pedaging.  Cara ternak kelinci lokal yang relatif mudah menjadi salah satu faktor pendorong berkembangnya sektor usaha yang satu ini.

Potensi Ternak Kelinci Pedaging

cara ternak kelinci anakan cara beternak kelinci anggora yang baik cara beternak kelinci agar cepat beranak cara beternak kelinci adalah cara ternak kelinci bagi pemula
Image: kelasternak.com

Meski kepopulerannya belum setenar ternak ayam atau hewan budidaa lain, ternak kelinci berpotensi memberikan pemasukan yang cukup, melihat peluang pasar yang masih terbuka lebar. Cara ternak kelinci potong atau pedaging ini perlu diefektifkan lagi supaya hasil yang diperoleh dapat maksimal.

Saat ini, masakan dengan berbahan utama daging kelinci sudah mulai banyak disajikan di berbagai rumah makan hingga restoran. Salah stau menu andalannya adalah sate kelinci yang memiliki rasa khas serta kandungan gizi yang cukup tinggi. Hal ini tentu semakin mempermudah pemasaran ternak kelinci.

Cara Membedakan Kelinci Jantan dan Betina

cara budidaya ternak kesayangan kelinci cara perawatan kandang ternak kelinci yang baik cara membuat kandang ternak kelinci cara membuat kandang ternak kelinci dari bambu cara bikin kandang ternak kelinci cara ternak kelinci lokal cara ternak kelinci lengkap cara ternak kelinci yang baru lahir cara ternak kelinci modern
Image: kelasternak.com

Sebelum memulai ternak kelinci, adalah penting untuk membedakan antara kelinci jantan dan betina.  Kelinci jantan bisa ditandai dengan melihat alat kelaminnya yang berbentuk tabung kecil di bawah ekor dan tepat di atas anus.

Postur tubuh dari kelinci jantan relatif lebih kecil jika dibanding dengan kelinci betina, lebih aktif bergerak serta lebih mudah akrab dengan manusia. Masa produksi kelinci jantan sendiri yakni pada sekitar usia 6-8 bulan,

Kelinci betina bisa dilihat dari adanya gundukan dengan celah memanjang yang terletak di bawah ekor dan tepat di atas anus, yang tak lain adalah alat kelaminnya. Masa produksi kelinci betina adalah pada usia 4-6 bulan.

Cara Ternak Kelinci Pedaging untuk Pemula

cara ternak kelinci mini cara beternak kelinci makanan cara memulai ternak kelinci cara memulai ternak kelinci pedaging cara memulai usaha ternak kelinci cara membuat pakan ternak kelinci cara ternak kelinci netherland dwarf cara ternak kelinci nz
Image: kelasternak.com

Hal paling utama yang harus diperhatikan ketika akan membuat kandang adalah lokasi. Pilih tempat yang jauh dari keramaian, bebas dari polusi udara, sirkulasi udaranya lancar, serta memiliki pencahayaaan yang baik.

Ukuran kandang sendiri bisa disesuaikan dengan jumlah bibit kelinci. Untuk kandang berukuran 200cm x 70cm x 70 cm, cukup diisi 12 ekor kelinci betina atau 10 ekor kelinci jantan.

Kandang kelinci ini bisa dibuat dari material seperti bambu, kayu, kawat maupun besi. Perlu dicatat juga bahwa penempatan kandang harus terhindar dari hewan predator seperti tikus, kucing atau anjing.

Pemilihan Bibit Kelinci

cara ternak kelinci pedaging cara ternak kelinci pemula cara ternak kelinci pedaging pemula cara ternak kelinci pdf cara ternak kelinci peliharaan cara budidaya kelinci pedaging
Image: kelasternak.com

Pilih bibit kelinci berkualitas supaya tingkat produktivitasnya juga tinggi. Bibit kelinci yang biasanya dipilih untuk dibudidaya sebagai kelinci potong adalah jenis flemish giant, kelinci new zealand, atau kelinci Rex.

Ciri-ciri bibit yang berkualitas antara lain tidak memiliki cacat fisik, tidak nervous, memiliki bulu yang halus dan tidak kusam, bergerak dengan lincah, serta memiliki mata yang jernih.

Pemberian Pakan Kelinci Pedaging

cara ternak binatang kelinci bagaimana cara beternak kelinci cara ternak burung kelinci cara ternak kelinci cepat beranak cara ternak kelinci.com cara cepat ternak kelinci
Image: kelasternak.com

Di habitat aslinya kelinci biasa memakan rerumputan atau sayur-sayuran seperti wortel, kangkung, dan sayuran hijau lainya. Dalam pembudidayaan kelinci, bisa diberikan makanan campuran berupa pellet yang khusus untuk kelinci.

Pemberian pelet ini bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan serta pembetukan daging pada kelinci. Makanan diberikan secara berkala setiap 2 kali sehari, pagi dan sore dengan mengombinasikannya. Pagi diberikan pellet dan sore diberi sayuran-sayuran.

Masa Reproduksi Kelinci

cara ternak kelinci anggora cara ternak kelinci agar sukses cara ternak kelinci agar cepat beranak cara ternak kelinci australia cara ternak kelinci agar tidak bau cara ternak kelinci agar cepat besar
Image: kelasternak.com

Saat kelinci betina menginjak usia 4 sampai 6 bulan dan kelinci jantan berusia 6 sampai 8 bulan, maka kelinci telah siap untuk dikawinkan.  Masa paling produkif bagi kelinci sendiri adalah di atas usia 1 tahun.

Ketika memang belum siap untuk kawin, maka tidak perlu dipaksakan. Hal ini bisa merusak pertumbuhan kelinci jantan menjadi kerdil serta mengakibatkan gagal hamil bagi kelinci betina.

Tanda-tanda yang terlihat ketika kelinci betina mengalami birahi atau sudah siap kawin adalah sering menggosok-gosokkan dagunya pada kandang, gelisah, nafsu makan berkurang, dan kemaluanya tampak bengkak serta berwarna kemerahan.

Proses Mengawinkan Kelinci

cara ternak kelinci bligon cara ternak kelinci biar cepat berkembang biak cara ternak kelinci biar sukses cara ternak kelinci bagaimana cara budidaya kelinci bagi pemula cara ternak bayi kelinci
Image: kelasternak.com

Pada cara ternak kelinci yang baik, dalam mengawinkan kelinci, langkahnya adalah dengan memindahkan kelinci betina ke kandang kelinci jantan. Langkah ini tidak boleh dilakukan sebaliknya dengan tujuan untuk membuat si jantan lebih percaya diri.

Ketika dua kelinci sudah berada dalam satu kandang, tunggu beberapa saat dan biarkan kelinci  tersebut saling bercumbu dan melakukan perkawinan. Selanjutnya, pisahkan keduanya dan biarkan kelinci betina untuk beristirahat selama skitar 15 menit

Ulangi cara tersebut sampai kelinci betina sudah tidak mau untuk dikawinkan lagi. Kembalikan kelinci betina ke kandangnya dan tunggu sampai tiba pada masa kehamilan.

Masa Kehamilan dan Melahirkan

cara ternak kelinci dalam kandang cara ternak kelinci dan pemasarannya cara ternak kelinci dari anakan cara ternak kelinci dalam rumah cara ternak kelinci fuzzy lop cara ternak kelinci flemish giant cara ternak kelinci flam
Image: kelasternak.com

Cara paling mudah untuk mengetahui apakah kelinci tersebut hamil atau tidak adalah dilihat dari perutnya. Apabila perutnya mulai terlihat membesar dan nafsu makannya terus meningkat, hampir dipastika kelinci tersebut sedang hamil. Itulah cara termudah untuk mengetahui kelinci sedang hamil.

Bisa juga dengan cara meraba perut kelinci betina. Jika terdapat benjolan kecil di dalam perutnya, maka kelinci postif hamil. Setelah diketahui kehailannya, asupan makanan untuk kelinci betina perlu ditambah guna menckupi kebutuhan nutrisi calon anaknya.

Hal yang harus diperhatikan juga adalah menjaga kebersihan kandang ternak kelinci supaya kelinci yang sedang hamil bisa terjaga kesehatannya serta terhindar dari segala jenis penyakit.  

Idealnya, usia kehamilan pada kelinci adalah sekitar 29-32 hari. Ketika akan melahirkan kelinci tampak mulai membuat sarang dengan mengumpulkan benda-benda di sekitarnya, bahkan termasuk bulunya sendiri.

Jika usia kehamilan telah memasukai 3 ke 4 minggu, sebaiknya segera menyiapkan kandang berukuran 60 x 30 x 15cm. Kandang ini berfungsi sebagai tempat melahirkan dan menyusui. Diisi dengan alas dengan rumput kering atau kain bekas. Setiap kali melahirkan kelinci bisa menghasilkan 4-12 ekor anak.

Merawat dan Membesarkan Anak Kelinci Pedaging

contoh cara ternak kelinci cara ternak kelinci di tanah cara ternak kelinci dengan baik cara ternak kelinci di kandang cara ternak kelinci dutch cara ternak kelinci di lahan sempit cara ternak kelinci daging
Image: kelasternak.com

Setelah anak kelinci lahir, maka perlu dirawat dengan baik agar tumbuh sehat dan kuat. Anak kelinci yang baru lahir umumnya masih belum memiliki bulu, mata juga sering terpejam dengan asupan makananya yang masih berasal dari susu induknya.

Apabila jumlah anak kelinci terlalu banyak, bisa diititipkan pada indukan lain supaya tetap mendapatkan asupan susu. Anakan kelinci juga harus berada pada tempat yang nyaman serta selalu hangat.

Kelinci pedaging sudah dipanen dan dipasarkan setelah mencapai umur 3-4 bulan. Dengan cara ternak kelinci yang benar, kelinci yang dihasilkan pun memiiki harga jual yang tinggi karena sehat dan memiliki daging yang berkualitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *