Cara Ternak Lovebird Bagi Pemula Anti Rugi

3 min read

cara ternak lovebird agar berhasil cara ternak lovebird agar menetas cara ternak lovebird koloni agar tidak berantem cara ternak lovebird koloni agar cepat bertelur cara ternak lovebird bagi pemula

Memelihara burung sudah menjadi hobi yang umum. Salah satu jenis burung yang cukup banyak diternakkan adalah lovebird. Cara ternak lovebird juga tidak sulit asal rajin dan telaten.

Warnanya yang cerah serta indah ketika diihat membuat penggemar burung satu ini terus saja bertambah. Tak hanya itu, ternak lovebird bahkan bisa dijadikan bisnis dengan hasil yang cukup menjanjikan.

Karakter Burung Lovebird

cara ternak lovebird di kandang kapsul cara ternak lovebird di kandang kotak cara ternak lovebird di sangkar kapsul cara ternak lovebird dengan benar cara ternak lovebird dalam kamar cara ternak lovebird di tempat panas
Image: kelasternak.com

Lovebird merupakan burung asli Afrika yang banyak ditemukan di area hutan dan sabana. Hewan ini diperkirakan sudah ada sejak 1,9 juta tahun lalu, dibuktikan dengan penemuan beberapa fosil lovebird di Afrika Selatan.

Lovebird merupakan salah satu burung sosial. Di habitat aslinya, lovebird hidup berkelompok yang terdiri dari 5-20 ekor. Burung ini berkembang biak dengan menghasilkan telur. Dalam satu kali bertelur, lovebird betina bisa menghasilkan 3-6 butir telur.

Telur-telur ini kemudian akan dierami selama kurang lebih 22 hari. Anak-anak lovebird yang telah menetas, biasanya akan meninggalkan sarangnya setelah berusia 4-5 minggu.

Burung lovebird biasanya mulai mencari pasangan di usianya yang ke-10 bulan. Lovebird juga terkenal dengan sifatnya yang setia. Burung ini akan mempertahankan pilihannya hingga akhir hidupnya atau sekitar 15 tahun lamanya.

Keseimbangan sosial burung ini juga dipengaruhi oleh perilaku monogamy yang ada. Saat salah satu pasangannya mati maupun terpisah dari kawanan, lovebird akan menunjukkan perilaku yang berbeda.

Cara Pemeliharaan Lovebird

cara ternak lovebird agar berhasil cara ternak lovebird agar menetas cara ternak lovebird koloni agar tidak berantem cara ternak lovebird koloni agar cepat bertelur cara ternak lovebird bagi pemula
Image: kelasternak.com

Dibanding dengan spesies burung paruh bengkok yang lain, ukuran tubuh lovebird memang relatif lebih kecil. Kemolekan tubuhnya membuat banyak orang tertarik untuk memelihara sepasang burung cinta ini. cara ternak lovebird di tempat panas

Cara ternak lovebird tergolong relatif mudah, terlebih lovebird bisa tahan dalam segala jenis cuaca. Meski kondisi alam yang lebih disukai adalah lahan kering dengan iklim panas.

Jika tertarik untuk memelihara lovebird modal yang dibutuhkan tidaklah terlalu mahal. Kemudahan merawat burung ini juga tidak susah. Dengan pemeliharaan yang telaten dan disiplin, lovebird bisa mendatangkan keuntungan tersendiri.

Ternak Lovebird Sepasang

cara ternak lovebird biola cara ternak lovebird biar cepat bertelur cara ternak lovebird biar cepat menetas cara ternak lovebird bagi pemula agar sukses cara ternak lovebird blorok
Image: kelasternak.com

Ketika memilih lovebird untuk dipelihara, yang terpenting bukanlah jenis lovebird termahal atau jenis lovebird paling bagus. Karena semua tergantung pada preferensi.

Sebelumnya bisa ditentukan apakah ingin memelihara lovebird yang bersuara bagus atau yang memiliki warna yang menarik. Pilih indukan yang sehat. Usahakan usia jantan lebih tua daripada usia betinanya. Agar ketika masa perkawinan nantinya, lovebird jantan lebih mendominasi.

Siapkan Kandang Lovebird

cara ternak lovebird trah juara cara jitu ternak lovebird cara ternak lovebird tanpa kangkung dan jagung cara ternak lovebird kandang kotak cara ternak lovebird kandang kapsul cara ternak love bird koloni cara ternak lovebird kandang koloni
Image: kelasternak.com

Hal terpenting  yang perlu disiapkan untuk memulai ternak lovebird, apa lagi jika bukan kandangnya. Kandang bersekat bisa digunakan untuk lovebird dengan jumlah lebih dari satu pasang.

Siapkan juga tempat untuk bertelur  bagi lovebird. Tempat ini bisa dibuat dari kayu yang keras dengan ukuran 20cm x 20cm x 25cm. Tempat bertelur lovebird  ini sering disebut dengan glodok. Masukkan juga serutan kayu, ranting-ranting kecil, dan dedaunan kering di sekitar glodok.

Jenis Kandang untuk Ternak Lovebird

cara ternak lovebird koloni bagi pemula cara ternak lovebird koloni yang benar cara ternak lovebird kandang baterai cara ternak lovebird koloni yang baik cara ternak lovebird lengkap
Image: kelasternak.com

Jenis kandang untuk berternak lovebird berbeda-beda sesuai dengan fungsi dalam cara ternak lovebird. Seperti misalnya tempat memelihara saja akan berbeda dengan tempat khusus untuk beternak. Kandang yang digunakan untuk beternak atau budidaya harus berfokus pada fungsi ketimbang estetika.

Kandang Ternak Lovebird Koloni atau Umbaran

cara ternak lovebird di sangkar gantung cara ternak lovebird biar tidak zonk gimana cara ternak lovebird gimana cara ternak burung lovebird cara membuat glodok untuk ternak lovebird cara ternak lovebird 1 jantan 2 betina
Image: kelasternak.com

Jenis kandang yang satu ini memiliki ukuran yang relatif besar. Seperti namanya, kandang budidaya ini digunakan untuk burung koloni atau untuk beberapa burung sekaligus. Kandang koloni juga berfungsi untuk menyeleksi pasangan yang ada.

Cara ternak lovebird dengan kandang ini cukup mudah.  Masukkan burung pejantan dan betina dalam jumlah yang banyak. Apabila ada lovebird jantan dan betina yang selalu berdekatan maka artinya pasangan tersebut sudah siap dijodohkan dan dipindah ke kandang sendiri.

Kandang Ternak Lovebird Sekat

cara ternak lovebird di musim hujan cara ternak lovebird di tempat ramai cara ternak lovebird dengan kandang kotak cara ternak lovebird dalam ruangan cara ternak lovebird ebook download cara ternak lovebird pale fallow
Image: kelasternak.com

Kandang sekat bisa digunakan untuk budidaya burung yang tidak terlalu banyak atau bisa juga digunakan ketika pasangan burung sudah siap untuk dijodohkan.

Tujuan dari kandang sekat ini adalah untuk memudahkan pengawasan serta memberikan keleluasaan dalam proses perkawinan lovebird. Glodok menjadi bagian penting dari kandang ini.

Karena ketika proses perjodohan selesai, maka semua aktivitas lovebird akan dilakukan di kandang ini. Seperti kawin, bertelur, mengerami, hingga meloloh.

Namun perl diketahui bahwa jika glodok diberikan pada burung yang belum berpasangan, mereka justru akan merusaknya. Maka perlu dipastikan jika kedua burung yang dipisahkan dari koloni benar-benar sudah berjodoh.

Masa Kawin Burung Lovebird

cara ternak lovebird cetak warna cara ternak lovebird cepat birahi cara ternak burung lovebird cepat bertelur cara ternak lovebird warna cantik cara ternak lovebird yg cepat
Image: kelasternak.com

Burung lovebird yang siap dikawinkan biasanya yang telah berusia minimal 1 tahun. Pada burung betina akan sering merentangkan sayap dan ekornya. Sedangkan burung jantan akan sering menggosok-gosokkan pantat pada sangkar.

Bila telah tampak ciri-ciri tersebut, maka segera kawinkan indukan lovebird dengan mempertemukan mereka. Sebagai catatan, ketika pertama kali membeli, jangan langsung meyatukan dua ekor lovebird meski keduanya jantan dan betina karena bisa berpotensi saling serang.

Rutin Memberi Makan agar Lovebird Cepat Bertelur

cara ternak lovebird biar ngekek panjang cara ternak lovebird biar konslet cara ternak lovebird baik dan benar cara ternak burung lovebird cara ternak lovebird cepat bertelur
Image: kelasternak.com

Cara ternak lovebird agar cepat bertelur tidaklah sulit. Ketika burung lovebird sudah berjodoh dan dimasukkan dalam kandang yang sama, jangan lupa untuk memberi makan secara teratur. Makanan seperti milet, biji sawi, benih kenari, jagung muda, dan biji bunga matahari adalah kesukaan lovebird.

Mengamati dan Memperhatikan Keadaan Telur Lovebird

cara ternak lovebird agar cepat bertelur cara ternak lovebird agar telur menetas cara ternak lovebird agar menghasilkan warna bagus cara ternak lovebird agar cepat kawin dan bertelur cara ternak lovebird agar cepat bertelur ampuh cara ternak lovebird albino mata merah
Image: kelasternak.com

Apabila lovebird betina sudah bertelur, maka jangan terlalu sering melihat keadaan lovebird, supaya ia tidak merasa terganggu. Cukup dengan mengamati keadaan dari jauh.

Hal yang perlu diketahui adalah tidak semua jenis burung lovebird betina mau mengerami telurnya. Untuk mengatasinya, coba untuk mendekatkan betina yang tak mau mengerami telurnya dengan betina yang mau mengerami telurnya. Cukup dengan mendekatkan sangkarnya saja.

Erangan burng betina yang mau mengerami telurnya akan memancing betina lain untuk mengerami telurnya juga. Lovebird betina yang baru pertama kali bertelur, belum tentu berhasil menetas. Hal ini wajar, karena bisa jadi lovebird belum siap untuk bertelur atau karena faktor eskternal lain.

Ketika telur lovebird sudah menetas, tunggu dulu hingga 14 hari. Barulah kemudian anakan lovebird bisa dipisahkan dari induknya. Dalam kandang anakan, bisa diberikan lampu berukuran 5 watt untuk menghangatkannya.

Jaga Asupan Makanan Anakan Lovebird

cara ternak lovebird menggunakan kandang kapsul cara ternak lovebird sampai menetas cara ternak lovebird tanpa sinar matahari cara ternak lovebird non klep cara ternak lovebird ngekek panjang
Image: kelasternak.com

Usianya yang masih muda membuat anak lovebird belum bisa memberi makan dirinya sendiri. Oleh karena itu, perlu disuapi dengan menggunakan suntikan. Ujung jarumnya bisa diganti dengan selang elastis atau karet.

Makanan yang diberikan untuk berbagai jenis burung lovebird anakan bisa berupa bubur bayi atau pelet yang diseduh dengan air hangat. Suapi anakan lovebird setiap 4 jam sekali dan berikan perhatian ekstra.

Itulah cara ternak lovebird untuk pemula yang bisa dipraktikkan dengan mudah. Jika dirawat dengan baik dan benar, lovebird tak hanya menjadi hewan yang indah dipandang, namun juga berpotensi sebagai bisnis yang menguntugkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *